PUPUK ORGANIK CAIR SEBAGAI PEMBERDAYAAN SAMPAH ORGANIK DI DUSUN BANJAR

Authors

  • Fitri Merawati Universitas Ahmad Dahlan
  • Evril Frismayudha Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.513

Keywords:

sampah organik, pupuk organik cair, Dusun Banjar

Abstract

Masyarakat Dusun Banjar sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai petani dan memiliki ternak di sekitar tempat tinggalnya. Wilayah yang terletak di dataran tinggi yang dikelilingi berbagai macam tumbuhan mengakibatkan di dusun Banjar termasuk wilayah yang memiliki sampah organik lebih banyak dibandingkan sampah anorganik. Selama ini sampah belum diolah secara maksimal sehingga tumpukan sampah menjadi sumber penyakit. Oleh karena itu, mengubah sampah organik menjadi Pupuk Organik Cair (POC) menjadi sebuah solusi untuk mengatasi masalah tersebut melalui program pengabdian masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan dan praktik langsung yang berisi tentang sosialisasi jenis-jenis dan manfaat sampah organik, sosialisasi tentang Pupuk Organik Cair, dan pelatihan dengan paraktik langsung membuat Pupuk Organik Cair. Hasil yang dicapai, masyarakat menjadi memahami jenis-jenis dan manfaat sampah sehingga mereka dapat menglasifikasikan sampah-sampah tersebut. Masyarakat juga mengetahui kelebihan maupun manfaat Pupuk Organik Cair. Selain itu masyarakat juga bisa praktik langsung membuat Pupuk Organik Cair.

References

Hadisuwito, Sukamto. (2012). Membuat Pupuk Organik Cair. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Anshori, Afnana. (2018). “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Sabut Kelapa Oleh Kelompok Tani di Desa Gayam Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek”. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel. diakses melalui http://digilib.uinsby.ac.id/24532/7/Afnan%20Anshori_B92214047.pdf diunduh pada tanggal 15 Februari 2018 pukul 22.15.

Desiana, Chritiana dkk. (2018). “Pengaruh Pupuk Organik Cair Urin Sapi dan Limbah Tahu terhadapa Pertumbuhan dan Bibit Kakao (Theobroma Cacao L)”. Jurnal Agrotek Tropika Volume 1, No. 1, Hlm: 113—119. diakses melalui laman http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JA/article/view/1927/1688 diunduh pada tanggal 10 Februari 2018 pukul 15.14.

Downloads

Published

2018-01-31

Issue

Section

Articles