PEMBERDAYAAN LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM PEMBUATAN HIDROPONIK, PROBIOTIK, DAN KOMPOS DI DUSUN TIRTO, PANDAK, BANTUL

Authors

  • Rostien Puput Anggoro Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Ahmad Saputra Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Nila Hutami Putri Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i1.493

Abstract

Salah satu tema KKN Reguler di Kecamatan Pandak adalah pemberdayaan lingkungan karena melihat pemanfaatan pekarangan rumah yang kurang dan banyaknya sampah-sampah organik di lingkungan sekitar rumah warga yang belum termanfaatkan. Maka Kuliah Kerja Nyata Reguler LXV Divisi IV.B menggelar program pembuatan hidroponik, probiotik, dan kompos untuk memanfaatkan kondisi lingkungan yang ada. Metode pelaksanaan KKN yang diselenggarakan di Dusun Tirto yaitu pelatihan pemanfaatan pekarangan rumah (Hidroponik), pelatihan pembuatan probiotik dan pembuatan pupuk kompos di dusun Tirto, desa Triharjo, Pandak, Bantul. Program ini bertujuan agar masyarakat Dusun Tirto dapat memberdayakan lingkungannya program program pembuatan hidroponik, probiotik, dan kompos. Dampak dari kegiatan ini adalah: 1) masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara memanfaatkan pekarangan rumah yang terbatas menjadi lebih bermanfaat, 2) mengetahui bagaimana cara membuat hidroponik, probiotik dan pupuk kompos, 3) memanfaatkan sampah-sampah rumah tangga dan dedaunan kering di lingkungan sekitar rumah sebagai kompos.

 

Kata kunci : pemberdayaan lingkungan, hidroponik, probiotik, kompos.

References

Harahap, Erni Febrina. (2012). Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Ekonomi untuk Mewujudkan Ekonomi Nasional yang Tanggung dan Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.3 (2). Hal. 78-96.

Ni Komang Ayu Artiningsih. (2008). Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Disertasi, Program Magister Ilmu Lingkungan Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Syamsu, Ida. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universias Tulungagung BONOROWO Vol. 1 No. 2 Hal. 43-50.

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles