MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DUSUN PLURUGAN DAN DONGKELAN BANTUL MELALUI PROGRAM JAM BELAJAR MASYARAKAT

Authors

  • Afit Istiandaru Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Resti Nursabilla Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Dony Kalmas Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Taupikurrahman Taupikurrahman Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i1.485

Keywords:

jam belajar masyarakat, KKN, taman pendidikan al-quran

Abstract

Masyarakat Dusun Plurugan dan Dusun Dongkelan Bantul memiliki sumber daya manusia yang baik, namun belum optimal. Kaum muda belum bersinergi dengan baik sehingga belum mampu diberdayakan untuk menjaga kondusifitas jam belajar di lingkungan kampong, salah satunya dalam belajar dan mengaji. Hal ini ditunjukkan pula dengan kurang berkembangnya prestasi anak-anak baik dalam bidang keagamaan maupun akademik. Oleh karena itu, KKN Alternatif 61 Universitas Ahmad Dahlan berusaha membantu agar taman pendidikan Al Qur’an dapat dilakukan secara merata kedua dusun tersebut dan mencanangkan program jam belajar masyarakat. Dampak dari kegiatan KKN ini adalah: (1) terciptanya kesadaran masyarakat akan pentingnya belajar ilmu agama maupun ilmu umum; (2) peningkatan pengetahuan anak-anak dalam belajar membaca Al-Qur’an, dan (3) meningkatnya antusiasme anak-anak dalam kegiatan taman pendidikan Al Qur’an.

References

Abdi, N. S. (2017). Pemberdayaan masyarakat kampung Notoprajan Ngampilan Yogyakarta dalam program pengembangan jam belajar masyarakat. Yogyakarta: LPM UAD.
Depdiknas. (2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010, Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Irmawati, A. (2017). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Mengurangi Buta Aksara di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1).
LPPM UAD. (2017a). Buku Pedoman Pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat. Yogyakarta: LPPM UAD.
LPPM UAD. (2017b). Pedoman dan Panduan Kuliah Kerja Nyata. Yogyakarta: LPPM UAD.
Nurhidayat, S. (2016). Tanggapan Masyarakat Terhadap Program Jam Belajar Masyarakat di RW 9 Gunungketur Pakualaman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1.

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles