PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LINGKUNGAN SOSRODIPURAN

Authors

  • Asep Rustiawan Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Ma’ruf Fawwaz Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Tiara Erlinda Fatimah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.483

Keywords:

Pemberdayaan, Dusun Sosrodipuran, Kesehatan Lingkungan

Abstract

Dusun Sosrodipuran Kelurahan Sosromenduran Kota Yogyakarta memiliki permasalahan kualitas lingkungan yaitu perumahan padat, halaman sempit, sampah dan lokasi endemik DBD.  Kuliah Kerja Nyata UAD menggelar program untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan tujuan agar masyarakat lebih menyadari pentingnya peran lingkungan untuk kehidupan di sekitar wilayah Sosrodipuran. Warga masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan lahan yang minim untuk melakukan berbagai hal, contohnya pemanfaatan tanaman Hidroponik. Disamping itu menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar serta mengetahui cara untuk pengendalian jentik nyamuk. Metode yang digunakan yaitu praktek dan pendampingan untuk menanam tanaman Hidroponik, sosialisasi dan pembagian bubuk ABATE dan aksi pungut sampah.  Hasil dan manfaat dari kegiatan ini adalah: 1) masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara memanfaatkan lahan yang minim menjadi lebih bermanfaat, 2) mengetahui bagaimana cara membuat dan merawat tanaman hidroponik, 3) mengetahui cara pengendalian jentik nyamuk, 4) menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

References

Harahap, Erni Febrina. 2012. Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Ekonomi untuk Mewujudkan Ekonomi Nasional yang Tanggung dan Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.3 (2). Hal. 78-96.
https://ugm.ac.id/id/berita/13206-2017.kasus.dbd.di.yogyakarta.mencapai.53.kasus. Diakses pada: 13 Januari 2018.
Permendagri RI Nomor 7 Tahhun 2007 tentang Kader Pemberdayaan Masyarakat, Bandung : Fokus Media.
Roidah, Ida Syamsu, 2014. Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO. Vol. 1.No.2.

Downloads

Published

2018-02-01

Issue

Section

Articles