PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAUMAN YOGYAKARTA DALAM PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDI PEKERTI ANAK

Authors

  • Soviyah Soviyah Universitas Ahmad Dahlan
  • Like Diana Nomita Universitas Ahmad Dahlan
  • Mita Anggriyani Universitas Ahmad Dahlan
  • Norida Jati Prastiwi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.477

Keywords:

Pendidikan Karakter, Permainan Tradisional, Kampung Kauman

Abstract

Masyarakat di Kauman Yogyakarta memiliki potensi sumber daya manusia golongan usia anak anak yang cukup besar.  Hal ini karena golongan usia ini akan memegang estafet regenerasi dan memajukan bangsa di masa depan.  Dengan potensi yang cukup besar tersebut sayangnya belum diolah dengan efektif. Program KKN Alternatif 61 Universitas Ahmad Dahlan bertujuan untuk memberdayakan dan mengedukasi masyarakat Kauman dalam hal kegiatan pendidikan karakter dan budi pekerti anak agar masyarakat Kauman memiliki wawasan dan pengetahuan bagaimana cara menanamkan karakter dan budi pekerti pada anak sehingga mereka tumbuh menjadi anak yang berkarakter dan berkepribadian positif. Program pemberdayaan melalui KKN ini dilakukan dengan metode pendidikan dan praktik. Hasil dan dampak setelah pelaksanaan program adalah masyarakat terutama anak-anak mengikuti seluruh rangkaian program KKN yang dilaksankaan mahasiswa KKN Alternatif 61 dengan antusias dan semangat.  Kegiatan yang dilakukan antara lain pengenalan permainan tradisional, pembacaan cerita rakyat, pelatihan bahasa inggris,  dan pelatihan gerak dan lagu. Sementara masyarakat juga memberikan respon yang positif terhadap kegiatan KKN yang dilaksanakan. yang dilaksanakan. 

References

Munir, A. (2010). Pendidikan Karakter Anak sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia
Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo
Wahyuningsih, Iis. Dkk. Pemberdayaan Masyarakat Banjar Samiana, Gilimanuk, Bali dalam Program Peduli Lingkungan. Universitas Ahmad Dahlan UAD.

Downloads

Published

2018-01-31

Issue

Section

Articles