PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAUMAN YOGYAKARTA DALAM PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDI PEKERTI ANAK
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.477Keywords:
Pendidikan Karakter, Permainan Tradisional, Kampung KaumanAbstract
Masyarakat di Kauman Yogyakarta memiliki potensi sumber daya manusia golongan usia anak anak yang cukup besar. Hal ini karena golongan usia ini akan memegang estafet regenerasi dan memajukan bangsa di masa depan. Dengan potensi yang cukup besar tersebut sayangnya belum diolah dengan efektif. Program KKN Alternatif 61 Universitas Ahmad Dahlan bertujuan untuk memberdayakan dan mengedukasi masyarakat Kauman dalam hal kegiatan pendidikan karakter dan budi pekerti anak agar masyarakat Kauman memiliki wawasan dan pengetahuan bagaimana cara menanamkan karakter dan budi pekerti pada anak sehingga mereka tumbuh menjadi anak yang berkarakter dan berkepribadian positif. Program pemberdayaan melalui KKN ini dilakukan dengan metode pendidikan dan praktik. Hasil dan dampak setelah pelaksanaan program adalah masyarakat terutama anak-anak mengikuti seluruh rangkaian program KKN yang dilaksankaan mahasiswa KKN Alternatif 61 dengan antusias dan semangat. Kegiatan yang dilakukan antara lain pengenalan permainan tradisional, pembacaan cerita rakyat, pelatihan bahasa inggris,  dan pelatihan gerak dan lagu. Sementara masyarakat juga memberikan respon yang positif terhadap kegiatan KKN yang dilaksanakan. yang dilaksanakan.Â
References
Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo
Wahyuningsih, Iis. Dkk. Pemberdayaan Masyarakat Banjar Samiana, Gilimanuk, Bali dalam Program Peduli Lingkungan. Universitas Ahmad Dahlan UAD.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.