PENDEKATAN ACTIVE AND FUN FILLED BASED PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK Sebuah Program Pemberdayaan bagi Guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.474Keywords:
fun and active learning, Bahasa Inggris untuk anak, guru SDAbstract
Metode pembelajaran Bahasa Inggris yang aktif dan menyenangkan (fun and active learning) adalah metode pembelajaran yang menerapkan strategi-strategi pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak yang menyenangkan dan mampu membuat anak aktif belajar berkomunikasi.Hal ini karena bersifat ramah anak dan kegiatannya berbasis komunikasi yang intens antara guru dan siswa.Dengan pertimbangan tersebut maka diperlukan adanya pelatihan metode pembelajaran Bahasa Inggris aktif dan menyenangkan (fun and active learning) bagi guru Bahasa Inggris di SD Muhammadiyah di Kota yogyakarta.
Pengabdian ini melibatkan mitra 30 Sekolah Dasar Muhammadiyah sekota Yogyakarta.Keseluruhan sekolah ini memiliki potensi yang cukup besar yaitu jumlah peserta didik kurang lebih (325 siswa per sekolah) dan masing-masing memiliki guru Bahasa Inggris sendiri.Program pengabdian dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu tahap prakegiatan, pelaksanaan, dan pendampingan.Pelaksanaan program pengabdian berlangsung dari Bulan April – Mei 2018.
 Dengan adanya program pengabdian ini guru memiliki daya kreativitas untuk menyelenggarakan pembelajaran yang menarik, pengetahuan dan kemampuan mengaplikasikan metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan (fun and active learning) di kelas, yang pada akhirnya membuat siswa merasa senang belajar Bahasa inggris dan mampu mengembangkan kemampuan komunikasinya sejak dini.
Â
Â
Â
References
Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners.Cambridge: Cambridge University Press.
Ellis, R. (1994). The Study of Second Language Acquisition.Oxford: Oxford University Press.
Lenneberg, E. H. (1967). Biological Foundation of Language. New York: Wiley.
Oxford, R.L. (1990). Language Learning Strategies. London: Newbury House Publishers
Pinter, A. (2006). Taching Young Language Learners. Oxford: Oxford University Press.
Scott, W.A. & Ytreberg, L.H. (2004).Teaching English to Children.Essex: Pearson Education Limited.
Scovel, T. (1988).A Time to speak: Psycholinguistic Inquiry into the Critical Period for Human Speech. Rowley, Mass: Newburry House/Harper & Row.
Singleton, D. (1989).Language Acquisition: The Age Factor. Clevedon: Multilingual Matters.
Slattery, M & Willis, J. (2001). English for Primary Teachers.Oxford: Oxford University Press.
Sugiarta, Awandi Nopyan. (2007). Pengembangan Model Program Pembelajaran Kolaboratif untuk Kemandirian Anak Jalanan di Rumah Singgah (Studi Terfokus di Rumah Singgah Kota Bekasi.Unpublished Dissertation. Bandung: PPS UPI
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.