PERAN MUHAMMADIYAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BACIRO, GONDOKUSUMAN, YOGYAKARTA

Ika Maryani

Abstract


Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta berada di pusat kota Yogyakarta, tepatnya berada di samping Stadion Mandala Krida. Kelurahan Baciro terdiri dari 21 RW dan merupakan kelurahan terbesar di Kecamatan Gondoksuman. Penduduk di kelurahan Baciro memiliki agama yang beragam, namun kehidupan beragama di Kelurahan Baciro sangat toleran. Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Gondokusuman dengan berbagai pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dan membangun rasa toleransi antar umat beragama. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan secara langsung (direct training) dalam bidang kewirausahaan, senam sehat bagi warga, pembudidayaan TOGA, dan penyelenggaraan lomba menghias makanan. Hasil yang diperoleh dari program ni adalah adanya peningkatan partisipasi dan antusias masyarakat, serta pengetahuan dan keterampilan masyarakat meningkat. Kesadaran hidup sehat semakin membaik dengan diadakannya berbagai program kesehatan seperti senam sehat, jalan sehat, dan lomba budidaya TOGA. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan bersama dan gotong royong membuat toleransi antar warna dan rasa kekeluargaan meningkat.


Keywords


empowering, Baciro, Gondokusuman

Full Text:

PDF

References


Nugraha, Sumedi P dan Wanda Rusma A. 2015. Pelatihan Penanaman Tanaman Obat Keluarga. Yogyakarta:Universitas Islam Indonesia.

Prasetyo, Yudik. 2013. Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan Dan Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Soedjatmiko. 2015. Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jawa Tengah:Universitas Negeri Semarang.

Sulistiawati, Endah. 2014. Laporan Pengabdian Masyarakat Pelatihan Teknologi Terapan Pembuatan Minyak Kelapa Berkualitas Tinggi. Yogyakarta:Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats