PEMBUDIDAYAAN TANAMAN APOTIK HIDUP GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Authors

  • Amir Hidayatulloh Universitas Ahmad Dahlan
  • Diani Mahandika Universitas Ahmad Dahlan
  • Yuniantoro Yuniantoro Universitas Ahmad Dahlan
  • Muhammad Darajatun Mudzakir Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.457

Keywords:

Lahan Pedesaan, Obat Herbal, Tanaman Obat Keluarga, Toga, Ekonomi Masyarakat

Abstract

Lahan pedesaan memiliki banyak manfaat. Lahan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai lahan apotik hidup atau tanaman obat keluarga (TOGA). Sehingga, dibutuhkan upaya untuk memanfaatkan lahan pekarangan tersebut secara lebih efektif. Hal inilah yang mendorong pengabdi untuk melakukan pengabdian di Desa Seloharjo, khususnya dusun Dukuh, Nambangan, dan Bobok Tempel. Pemerintah desa Seloharjo sedang gencar menghimbau kepada seluruh masyarakatnya untuk memanfaatakan pekarangan atau perkebunan yang tersedia. Pengabdi melakukan pengabdian bersama mahasiswa KKN. Mahasiswa memberikan pengetahuan kepada warga mengenai memanfaatkan, membudidayakan, serta mengemas obat akan laku di pasaran. Sedangkan, pengabdi memberi pelatihan mengenai cara pemasaran. Hasil pengabdian adalah masyarakat mengetahui cata memenafaatkan, membudidayakan, mengemas, serta memasarkan hasil olahan dari tanaman hias. Sehingga, pembudidayaan tanaman obat tradisonal akan memberikan manfaat kepada warga. Manfaat tersebut adalah (1) sebagai sarana untuk menyediakan obat herbal bagi warga, (2) sarana untuk memanfaatkan tanaman herbal di pedesaan sebagai bahan baku obat herbal, yang dapat digunakan sebagai cara alternative untuk menanggulangi obat kimia yang relative mahal, serta (3) meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan budidaya tanaman herbal yang dapat didistribusikan ke pasar, rumah sakit, industry obat, dan lain sebagainya.

References

Herbie, Tandi. (2015). Kitab Tanaman Berkhasiat Obat 226 Tumbuhan Obat untuk Penyembuhan Penyakit dan Kebugaran Tubuh. Yogyakarta: OCTOPUS Publishing House.
Kumalasari, L.O.R. (2006). Pemanfaatan Obat Tradisional dengan Pertimbangan Manfaat dan Keamanannya. Majalah Ilmu Kefarmasian, Volume 111, Nomor 1, Halaman:1-7.
Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses (Edisi III). Jakarta: Salemba
Widya, Tri Widyawati, dan Rizal, Muhammad. (2015). Upaya Pemberdayaan Apotik Hidup di Perkotaan Melalui Deskripsi dan Manfaat Tanaman Obat. Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon, Volume 1, Nomor 8, Halaman: 1890-1895

Downloads

Published

2018-01-31

Issue

Section

Articles