PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KEMIRI, TANJUNGSARI, GUNUNGKIDUL PROGRAM PELATIHAN MEMASAK BERBAHAN DASAR MOCAF

Authors

  • Sudarmini Sudarmini Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Destra Aulia Azizah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i1.444

Keywords:

pemberdayaan, masyarakat, desa Kemiri, pelatihan, mocaf

Abstract

Desa Kemiri, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu desa yang mempunyai usaha pengolahan tepung mocaf yang telah menampakkan hasil dan sudah menjadi usaha pada sektor rumah tangga. Tepung mocaf dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan baku utama sebagi pengganti tepung terigu. Maka program KKN UAD difokuskan pada pelatihan mengolah tepung mocaf menjadi produk konsumsi yang bernilai ekonomis. Program ini bertujuan memberdayakan masyarakat Desa Kemiri dalam program pelatihan mengolah tepung mocaf. Metode pelaksanaan program KKN meliputi: pembekalan masyarakat, pelatihan dasar dan praktik langsung. Dampak dari kegiatan KKN ini adalah : 1) peningkatan pengetahuan masyarakat dalam mengolah makanan berbahan dasar tepung mocaf, 2) masyarakat terampil membuat makanan kreatif berbahan dasar tepung mocaf, dan 3) tersedianya pengganti bahan baku tepung terigu.

References

Misgiyarto, Suismono, Nur Richana, Suyanti, 2010. Penelitian dan Pengembangan Produk Berbasis Ubikayu. Kumpulan Makalah Seminar 2010. Pengembangan Industri Pengolahan Singkong Terpadu. Semarang, 21 Juli 2010. ISBN: 978-602-973-22-3-6.

Rosmeri, Iv. 2013. Pemanfaatan Tepung Umbi Gadung (Dioscorea hispida Desnnst) dan Tepung MOCAF (Modified Cassava Flour) Sebagai Bahan Substitusi dalam Pembuatan Mie Basah, Mie Kering dan Mie Instan. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri. Vol.2, No. 2: 246: 256.

Salim, E. 2011. Mengolah Singkong Menjadi Tepung Mocaf. Yogyakarta. Lily Publisher. Hal. 4-55.

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles