PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK UNTUK PEMBERDAYAAN TANAMAN TOGA DALAM PROGRAM PENGHIJAUAN LINGKUNGAN SINGOJAYAN

Fitri Merawati, Bidayatun Nafi'ah

Abstract


Beberapa permasalahan yang ditemukan di kampung  Singojayan adalah 1) banyak lahan yang belum digunakan secara optimal, 2) pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan lahan untuk penghijauan masih minim, 3) engetahuan masyarakat dalam memanfaatkan sampah plastik untuk media tanam masih kurang, dan 4) pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan lahan yang sempit untuk penghijauan masih kurang. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, program kerja dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan tentang tanaman toga dan praktik langsung bersama warga. Plastik makanan yang dipilih sebagian untuk media tanam juga bermaksud untuk memberikan kesadaran warga kampung Singojayan bahwa hal yang sering kita buang dapat memberikan manfaat untuk media tanaman yang menyimpan banyak oksigen. Tanaman obat yang ditanam seperti jenis tanaman yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan adapula jenis tanaman obat tetapi dapat untuk menghias halaman rumah sebagai pelengkap obat-obatan keluarga yang bersifat tradisional. Dampak adanya program ini adalah masyarakat dapat memanfaatkan barang-barang di sekelilingnya yang dianggap tidak bermanfaat menjadi memiliki nilai guna dan ekonomis.

 


Keywords


toga; plastik makanan; Singojayan; penghijauan; pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Hadi, Mochamad. “Konservasi Sumberdaya Alam dan Pengelolaan Lingkungan”. diakses melalui laman http://eprints.undip.ac.id/1070/1/ILING-II-5-KONSERVASI.pdf. diunduh pada tanggal 19 Desember 2018 pukul 19.30 WIB.

Riadi, Muchlisin. “Pengertian, Jenis, dan Dampak Sampah”. diakses melalui https://www.kajianpustaka.com/2015/02/pengertian-jenis-dan-dampak-sampah.html diunduh pada tanggal 19 Desember 2018 pukul 20.00 WIB.

Tukiman. “Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk Kesehatan Keluarga”. diakses melalui http://library.usu.ac.id/download/fkm/fkmtukiman.pdf diunduh pada tanggal 19 Desember 2018 pukul 19.00 WIB.




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fitri Merawati, Bidayatun Nafi'ah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats