PENANGGULANGAN HIPERTENSI DI DUSUN KRETEK RT 09 BANGUNTAPAN BANTUL

Authors

  • Surahma Asti Mulasari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.422

Keywords:

Hipertensi, Pencegahan, Pendidikan Kesehatan

Abstract

Hipertensi merupakan masalah kesehatan masyarakat di dunia baik negara maju maupun negara berkembang. Permasalahan kesehatan yang perlu diperhatikan di Dusun Kretek salah satunya adalah hipertensi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat terkait penyakit hipertensi dengan harapan dapat mencegah meningkatnya penyakit hipertensi di Dusun Kretek RT 09, Banguntapan, Bantul. Metode yang diterapkan dalam program kegiatan pengabdian ini adalah dengan metode ceramah dengan media promosi kesehatan berupa leaflet tentang penyakit hypertensi. Berdasarkan pada hasil masih banyak warga yang terdiagnosis hipertensi namun tidak melakukan pengobatan atau masih banyak warga yang belum mengetahui apakah dirinya terdiagnosis hipertensi atau tidak. Hal tersebut menjadi dasar kegiatan pengabdian untuk meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku untuk menurunkan resiko hipertensi di lokasi pengabdian. 

References

Asfar, Akbar, Sri A. W. 2018. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadapa Tingkat Pengetahuan dan Sikap Tentang Penyakit HIV/AIDS di SMP Baznas Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Islamic Nursing., 3(1), 26-31.

Departemen Kesehatan. 2006. Pharmaceutical Care untuk Penyakit Hipertensi. Jakarta : DITJEN Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Depkes.

Departemen Kesehatan. 2013. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia Tahun 2013. Jakarta: Balitbangkes Depkes RI.

Dinkes Kabupaten Bantul. 2016. Profil Desa Jambidan: www.jambidan.bantulkab.go.id, diakses pada tanggal 27 Juli 2018. Yogyakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Infodatin Hipertensi. Jakarta Selatan.: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2016. Pedoman Umum Program Indonesia Dengan Pendekatan Keluarga. Kementerian kesehatan RI. Jakarta.

Kowalksi, R. 2010. Terapi Hipertensi : Program 8 Minggu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dan Mengurangi Risiko Serangan Jantung Dan Stroke Secara Alami. Bandung : Qanita.

Notoatmodjo S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta:PT Rineka Cipta

Nuraeni, A., Mirwanti, R., Anastasia, A., 2017. Upaya Pecegahan dan Perawatan Hipertensi di Rumah Melalui Media Pembelajaran Bagi Masyarakat di Kabupaten Pagandaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 1(3), 174-178

Nuraini, B. 2015. Risk Factors Of Hypertension. J majority., 4(5), 10-19. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

Park, J B., Kario., Wang, J G. 2015. Systolic Hypertension: an Increasing Clinical Challenge in Asia. Hypertension Research., 38(4), 227-236

Rahmadiana, M. 2012. Komunikasi Kesehatan: Sebuah Tinjauan. Jurnal Psikogenis., 1(1), 88-94

Setyanda, Y O G., Sulastri, D., dan Lestari, Y. 2015. Hubungan Merokok dengan Kejadian Hipertensi pada Laki-Laki Usia 35-65 Tahun di Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas., 4(2)

Simamora, Janner P. 2012. Pengaruh Karakteristik dan Gaya Hidup Kelompok Dewasa Madya Terhadap Kejadian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Matiti Kabupaten Humbang Hasundutan, Tesis (Tidak Diterbitkan). Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat USU.

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles