PENDAMPINGAN PENGELOLAAN WEBSITE SEKOLAH MUHAMMADIYAH DI KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Mushlihudin Mushlihudin Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Tedy Setiadi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Wahyu Pujiyono Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.417

Keywords:

website sekolah, konten positif, internet sehat, Search Engine Optimization

Abstract

Penerapan teknologi informasi di sekolah salah satunya pengadaan website sekolah sebagai media penyebaran informasi dan komunikasi antara sekolah dengan pihak terkait. Dengan adanya website sekolah terdapat beberapa manfaat antara lain turut hadir dalam memberikan konten-konten positif bagi publik untuk mewujudkan internet sehat, mendorong sekolah menghadirkan informasi kegiatan sekolah yang positif dan kreatif, wali siswa dan masyarakat dapat mengetahui berbagai hal tentang sekolah secara langsung, dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada sekolah. Kota Yogyakarta terdapat banyak sekolah baik negeri negeri maupun swasta. Sekolah Muhammadiyah merupakan sekolah swasta di Kota Yogyakarta yang berjumlah 58 sekolah. Permasalahannya beberapa sekolah yang belum memperhatikan penulisan berita dengan baik. Tujuan kegiatan ini untuk mendampingi para pengelola website dalam penulisan berita yang baik agar mudah dicari oleh mesin pelacak dan menarik para pembaca. Harapan pendampingan agar website dapat dilacak menggunakan mesin pelacak dan tampil dihalaman pertama. Pelaksanaan pendampingan dengan melakukan pelatihan dan praktel tentang pembuatan berita yang baik, pengolahan media dan penerapan teknik SEO pada website. Pasca pelaksanaan kegiatan dilakukan evaluasi pada bulan keenam dan didapatkan hasil sebanyak 19 sekolah dapat dicari dengan mesin pelacak Google dan tampil di halaman pertama.

Author Biography

Mushlihudin Mushlihudin, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta


References

Kusumaningrat H., Kusumanigrat P.2009, Jurnalistik Teori dan Praktik, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, hal.40.
Lanang Febria Galing Gumilang, 2010, Proses Kerja Reporter Berita Detikhot Subkanal
Music Di Detik.Com Jakarta, Laporan Hasil Penelitian, Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta.hal.44.
Stanley J. Bouran, 2004, Introduction to Mass Communication, Media Literacy and Culture. MC Graw Hill, third edition, USA, p275.
Fokus, 2017, Media Komunikasi dan Inspirasi :Jendela, edisi XIX Desember. Jakarta.
Hernawati, Kuswari., Optimalisasi SEO (Search Engine Optimizer) sebagai upaya meningkatkan unsur Visibility dalam Webometric, 2013, Prosiding, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika , UNY, 2009

Downloads

Published

2019-01-31

Issue

Section

Articles