PEMBINAAN BANK SAMPAH K3S JATIKUNING

Authors

  • Surahma Asti Mulasari Universitas Ahmad Dahlan
  • Sulistyawati Sulistyawati Universitas Ahmad Dahlan
  • Tri Wahyuni Sukesi Universitas Ahmad Dahlan
  • Fatwa Tentama Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.411

Keywords:

Bank Sampah, Ceramah, Pelatihan, Monitoring, Evaluasi

Abstract

Peran aktif masyarakat dibutuhkan untuk mengurangi jumlah sampah, memilah jenis sampah hingga berupaya menjadikan sampah bermanfaat. Bank sampah adalah tempat menabung sampah yang telah terpilah menurut jenis sampah dan mempunyai nilai ekonomis, selain itu bank sampah juga berfungsi untuk memberdayakan masyarakat agar peduli terhadap kebersihan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan efektifitas bank sampah  K3S agar lebih maju dan berkembang. Metode yang digunakan adalah dengan kegiatan sosialisasi berkelanjutan, pendampingan pelatihan serta kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan bank sampah. Hasil monitoring menunjukkan jumlah pembelian sampah setiap bulannya tidak tetap. Hal ini dikarenakan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menabung sampah secara rutin, masyarakat sifatnya menabung jika mereka sempat saja. Dampak yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan kesadaran masyarakat untuk menabung di bank sampah secara rutin. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah kesadaran masyarakat akan tetap terjaga dengan metode sosialisasi berkelanjutan. 

References

Asfar, Akbar dan Wa Ode Sri A. 2018. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadapa Tingkat Pengetahuan dan Sikap Tentang Penyakit HIV/AIDS di SMP Baznas Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Islamic Nursing., 3(1), 26-31.

Asteria, Dona dan Heru Heruman. 2016. Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Tasikmalaya. Jurnal Manusia dan Lingkungan. Vol: 23. No: 1. Hal: 136-141

Budiman, 2010, Ilmu Kesehatan Masyarakat Dalam Konteks Kesehatan Lingkungan, Buku Kedokteran EGC, Jakarta. Hal.129.

Mukono, H. J., 2006, Prinsip Dasar Kesehatan Lingkungan, Airlangga University Press, Surabaya, Vol. 2, Hal. 157-158.

Notoatmodjo S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta:PT Rineka Cipta

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13, 2012, Tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, Dan Recycle Melalui Bank Sampah.

Riyanto, B., 2008, Prospek Pengelolaan Sampah Nonkonvensional Di Kota Kecil (Studi Kasus: Kabupaten Gunungkidul), Tesis, Pascasarjana, Universitas Diponegoro, Semarang, Hal. 11.

Selomo, Makmur. dkk. 2016. Bank Sampah Sebagai Salah Satu
Solusi Penanganan Sampah di Kota Makassar. Jurnal MKMI. Vol: 12. No: 4. Hal: 232-240

Sudiran, 2005, “Instrumen Sosial Masyarakat Karangmumus Kota Samarinda Dalam Penanganan Sampah Domestik”, Journal Makara, Sosial Humaniora, Vol.9, Hal. 16-17.

Suwerda, B., 2012, Bank Sampah Kajian Teori, Buku I, Penerbit Werda Press, Yogyakarta. Hal. 3, 5, 9-11, 24.

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles