USAHA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU SEKOLAH MENENGAH MUHAMMADIYAH KAB GUNUNGKIDUL: PENDAYAGUNAAN LECTORA SEBAGAI MEDIA AJAR
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.405Keywords:
teknologi, media pembelajaran, Lectora, GunungkidulAbstract
Sebuah kegiatan peningkatan keterampilan guru telah diadakan di kalangan sekolah menengah pertama di wilayah Kabupaten Gunungkidul pada periode libur semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Kegiatan pelatihan TIK kali ini mengundang tenaga pendidik dari sekolah-sekolah menengah  Muhammadiyah di bawah pengelolaan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PDM Gunungkidul. Tujuan yang ingin dicapai antara lain pengayaan keterampilan tenaga pendidik di bidang TIK sebagai media pendukung kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan peningkatan keterampilan guruguru sebagai tenaga pendidik melalui TIK, diharapkan dapat mendukung tercapainya pemenuhan kompetensi guru-guru di SMP Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul secara terprogram. Di bagian akhir pelaksanaan, peserta diminta untuk mengumpulkan feedback mengenai kegiatan pelatihan yang telah diikuti. Lebih dari 80% peserta yang hadir menyatakan tingkat kepuasan yang baik terhadap materi, pelaksana, dan kemanfaatan karya yang telah mereka hasilkan. Target usabilitas karya juga telah tercapai sebagai media belajar untuk diaplikasikan di semester genap tahun ajaran 2017/2018.References
Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1-10.
Siagian, S. P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Binapura Aksara.
Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1-10.
Siagian, S. P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Binapura Aksara.
Downloads
Published
2019-01-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.