USAHA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU SEKOLAH MENENGAH MUHAMMADIYAH KAB GUNUNGKIDUL: PENDAYAGUNAAN LECTORA SEBAGAI MEDIA AJAR

Murein Mardhia, Dwi Normawati, Ahmad Azhari

Abstract


Sebuah  kegiatan  peningkatan  keterampilan  guru  telah  diadakan  di  kalangan  sekolah  menengah pertama di wilayah Kabupaten Gunungkidul  pada periode libur semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Kegiatan  pelatihan  TIK  kali  ini  mengundang  tenaga  pendidik  dari  sekolah-sekolah  menengah  Muhammadiyah  di  bawah  pengelolaan  Majelis  Pendidikan  Dasar  dan  Menengah  (Dikdasmen) PDM Gunungkidul.  Tujuan yang ingin dicapai antara lain pengayaan keterampilan tenaga pendidik di bidang TIK sebagai media pendukung kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan peningkatan keterampilan guruguru  sebagai  tenaga  pendidik  melalui  TIK, diharapkan  dapat  mendukung  tercapainya  pemenuhan kompetensi guru-guru di SMP Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul secara terprogram. Di bagian akhir pelaksanaan, peserta diminta untuk mengumpulkan feedback mengenai kegiatan pelatihan yang telah diikuti. Lebih dari 80% peserta yang hadir menyatakan tingkat kepuasan yang baik terhadap materi, pelaksana, dan kemanfaatan karya yang telah mereka hasilkan. Target usabilitas karya juga telah tercapai sebagai media belajar untuk diaplikasikan di semester genap tahun ajaran 2017/2018.

Keywords


teknologi, media pembelajaran, Lectora, Gunungkidul

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1-10.

Siagian, S. P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Binapura Aksara.




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats