WORKSHOP TEACHING MATHEMATICS IN ENGLISH BAGI GURU-GURU SMP MUHAMMADIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.401Keywords:
Teaching mathematics in English, RPPAbstract
Pembelajaran matematika berbahasa Inggris merupakan salah satu skill tambahan menjadi guru yang unggul terutama di era globalisasi. Banyak sekolah juga memiliki program kelas unggulan dengan salah satu kriteria unggulannya adalah kelas berbahasa Inggris, salah satunya adalah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Untuk masuk kelas ini, siswa baru harus melewati seleksi Bahasa Inggris. Hal yang sama ditunjukkan oleh SMP Muhammadiyah 2 dan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sekolah-sekolah tersebut juga memberikan perhatian pada kemampuan berbahasa asing para siswanya. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih dan memotivasi guru agar mampu menyusun RPP dan menyiapkan materi matematika berbahasa Inggris. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu workshop dan pendampinga. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa para guru telah mampu menyusun RPP berbahasa Inggris hasil workshop dan kegiatan mandiri dengan baik. Adapun umpan balik yang diperoleh menunjukkan bahwa guru optimis tujuan workshop dapat tercapai. Daya dukung workshop berupa fasilitas ruang maupun fasilitas pendukung cukup memadai sehingga workshop bisa berjalan dengan lancar, baik, tepat waktu, dan menyenangkan. Persepsi peserta terhadap kebermanfaatan program juga baik.References
Amir, A. (2013). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran melalui Model Lesson Study. Logaritma, 1(2).
Artini, L.P. (2013). Penggunaan English as Medium of Instruction (EMI) dan Konsekuensinya terhadap Proses Pembelajaran Ditinjau dari Persepsi Siswa. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 166-178.
Jalal, F. (2007). Sertifikasi Guru untuk Mewujudkan Pendidikan yang Bermutu. Medan: Universitas Negeri Medan.
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Artini, L.P. (2013). Penggunaan English as Medium of Instruction (EMI) dan Konsekuensinya terhadap Proses Pembelajaran Ditinjau dari Persepsi Siswa. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 166-178.
Jalal, F. (2007). Sertifikasi Guru untuk Mewujudkan Pendidikan yang Bermutu. Medan: Universitas Negeri Medan.
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Downloads
Published
2019-01-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.