PELATIHAN APOTEKER CILIK UNTUK SISWA SD KELAS 5 DI WILAYAH SENTOLO, KULON PROGO
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.400Keywords:
Apoteker cilik, pelatihan, siswa SDAbstract
Penggunaan obat khususnya pada anak-anak perlu mendapatkan perhatian khusus karena tidak semua anak mudah minum obat ketika sakit. Di sisi lain masa anak-anak perlu mendapatkan banyak informasi tentang berbagai profesi agar dapat menambah wawasan sekaligus memacu semangat belajar. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan pelatihan apoteker cilik kepada siswa SD yang bertujuan untuk mengenalkan profesi Apoteker, mengenalkan berbagai macam jenis obat serta penggunaannya yang baik dan benar. Pelatihan dilakukan pada siswa SD kelas 5 di wilayah Sentolo meliputi SDN Inpres Gembongan, SD Muhammadiyah Wora-Wari dan SD MI Muhammadiyah Kenteng. Kegiatan tersebut dibantu oleh 4 mahasiswa S1 Farmasi yang diawali dengan penjelasan di kelas. Setelah itu dilanjutkan dengan lomba mewarnai seorang apoteker, berlatih menggerus serta membungkus puyer yang telah dihasilkan. Pada kegiatan tersebut semua anak-anak terlihat antusias yang menunjukkan bahwa mereka tertarik dengan profesi Apoteker. Pada akhir kegiatan mereka menyampaikan bahwa ketika sakit harus minum obat sesuai ketentuan dokter serta ada beberapa yang kemudian tertarik menjadi Apoteker.
References
Paramamitya, Y dan Aprilia, V. (2016). Kandungan Bahan Tambahan Pangan Berbahaya pada Makanan Jajanan Ana Sekolah Dasar di Kabupaten Bantul, Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia, 4(1):49-55
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.