PELATIHAN PENYIAPAN KEHIDUPAN SEHAT BAGI PETUGAS DAN REMAJA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH SERANGAN YOGYAKARTA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.395

Keywords:

pelatihan, sehat, Panti asuhan, Remaja

Abstract

Fenomena permasalahan remaja saat ini menjadi perhatian yang perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti dengan bijaksana, agar remaja sebagai penerus bangsa dapat diandalkan kemampuannya untuk bangsa Indonesia. Sebagai penerus bangsa, remaja diharapkan sehat. Kesehatan yang diharapkan pada remaja adalah sehat menyeluruh, yaitu sehat secara fisik, mental, sosial, religi dan produktif.Untuk ini dibutuhkan informasi dan pelatihan yang akurat. Untuk sehat secara fisik, perlu pemahaman remaja pentingnya aktivitas fisik yang dapat membuat badan sehat, salah satunya adalah kesadaran untuk menyenangi olah raga.

Berdasarkan tersebut, maka pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan adalah pelatihan penyiapan kehidupan sehat bagi Petugas dan remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah  Serangan  Yogyakarta, Panti asuhan perlu dukungan dalam menciptakan remaja yang sehat secara menyeluruh, termasuk Petugas panti.

Untuk sehat secara mental, salah satu yang menjadi perhatian adalah peningkatan dari sisi religi. Untuk sehat secara sosial, salah satu yang menjadi perhatian adalah hubungan yang baik dan sehat bagi sesama remaja, sehingga dalam kegiatan pengabdian ini menekankan pergaulan yang sehat di antara remaja melalui perilaku sehat kesehatan reproduksi remaja. serta untuk sehat yang produktif, salah satunya perlu wawasan remaja tentang kewirausahaan.

Author Biography

Sitti Nur Djannah, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Public Health Departement

References

BKKBN, 2001. Kumpulan Pedoman Pelaksanaan Program Kesehatan Reproduksi Remaja dan Perlindungan Hak-Hak Reproduksi. Jakarta : BKKBN.

BKKBN, 2008. Pendalamam Materi Membantu Remaja Mengenali Dirinya, Direktorat Remaja dan Perlindungan Hak-Hak Reproduksi, Jakarta Timur : BKKBN.

BKKBN, 2013. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012, Jakarta : BKKBN. Depkes RI, 2008, Program Kesehatan Reproduksi dan Pelayanan Integratif di Tingkat

Pelayanan Dasar, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Jakarta : Depkes RI. Direktorat Bina Kesehatan Anak, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, Depkes

RI., 2009. Pedoman pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Puskesmas, Jakarta : Depkes RI.

Dinkes, 2012. Survei Pengetahuan Komprehensif Remaja Umur 15 – 24 tahun tentang HIV/AIDS di Provinsi DIY Tahun 2012: Laporan Tahunan Dinkes Provinsi DIY Tahun 2012. Yogyakarta : Dinkes DIY

Fitriani, S, 2011. Promosi Kesehatan, Yogyakarta : Graha Ilmu. Irianto. K; 2014. Seksologi Kesehatan. Bandung : Alfabeta

Kumalasari dan Andhyantoro I., 2012, Kesehatan Reproduksi Untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan, Jakarta : Penerbit Salemba Medika.

Sirait, L ,M., Sarumpaet, S, 2012. Hubungan Komponen Helath Belief Model (HBM) dengan Penggunaan Kondom pada Anak Buah Kapal (ABK) di pelabuhan Belawan, Jurnal Precure, 1(1). Hal 43-49.

Soetjiningsih. 2010. Tumbuh kembang remaja dan Permasalahannya; Jakarta : Penerbit CV Agung Seto.

Downloads

Published

2019-01-31

Issue

Section

Articles