PEMBERDAYAAN KELOMPOK PENGELOLA UMKM DENGAN KETERAMPILAN GO ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.387Keywords:
umkm, go online, teknologi digital, marketingAbstract
Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) berkembang cukup pesat, artinya pemberdayaan masyarakat agar mandiri berjalan dengan baik. Kemampuan UMKM untuk dapat bertahan di jaman serba digital saat ini sangat penting untuk menopang keberlangsungan unit usahanya. Terlebih lagi UMKM yang ada di daerah pedesaan, sangat diperlukan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan untuk dapat GO Online. UMKM dilatih agar Siap Digital yaitu dapat menggunakan teknologi-teknologi digital yang ada saat ini untuk meningkatkan kualitas pengelolaan. Selain itu juga dapat digunakan sebagai media promosi dan penjualan produk maupun jasa UMKM. Setelah UMKM Siap Digital dilanjutkan dengan pendampingan untuk memilih teknologi yang tepat sehingga pemanfaatan teknologi dapat benar-benar efektif dan efisien. Kegiatan Pelatihan GO Online diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan UMKM, serta mampu memaksimalkan teknologi untuk memaksimalkan marketing.References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia - APJII (2017) ‘Penetrasi & PerilakuPengguna Internet Indonesia - Survey 2017’, p. 34.
Hamzah, Y. I. et al. (2013) ‘Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi InteraktifBagi Pariwisata Indonesia’, Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), pp. 1–9. Available at: http://www.kemenpar.go.id/userfiles/JKI Vol_8 No_3 2013 - Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia.pdf.
Pamungkas, bagas aji and Zuhroh, S. (2016) ‘Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian’, Komunikasi, x(2), pp. 145–160.
Umami, Z. (2015) ‘Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta’, Jurnal Interaksi, 4(2), pp. 195–201. doi:1014710/interaksi,4,2,195-201.
Hamzah, Y. I. et al. (2013) ‘Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi InteraktifBagi Pariwisata Indonesia’, Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), pp. 1–9. Available at: http://www.kemenpar.go.id/userfiles/JKI Vol_8 No_3 2013 - Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia.pdf.
Pamungkas, bagas aji and Zuhroh, S. (2016) ‘Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian’, Komunikasi, x(2), pp. 145–160.
Umami, Z. (2015) ‘Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta’, Jurnal Interaksi, 4(2), pp. 195–201. doi:1014710/interaksi,4,2,195-201.
Downloads
Published
2018-01-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.