PEMBERDAYAAN KELOMPOK PENGELOLA UMKM DENGAN KETERAMPILAN GO ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN

Authors

  • Supriyanto Supriyanto Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Muhammad Najih Farihanto Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Sugeng Handoko Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.387

Keywords:

umkm, go online, teknologi digital, marketing

Abstract

Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) berkembang cukup pesat, artinya pemberdayaan masyarakat agar mandiri berjalan dengan baik. Kemampuan UMKM untuk dapat bertahan di jaman serba digital saat ini sangat penting untuk menopang keberlangsungan unit usahanya. Terlebih lagi UMKM yang ada di daerah pedesaan, sangat diperlukan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan untuk dapat GO Online. UMKM dilatih agar Siap Digital yaitu dapat menggunakan teknologi-teknologi digital yang ada saat ini untuk meningkatkan kualitas pengelolaan. Selain itu juga dapat digunakan sebagai media promosi dan penjualan produk maupun jasa UMKM. Setelah UMKM Siap Digital dilanjutkan dengan pendampingan untuk memilih teknologi yang tepat sehingga pemanfaatan teknologi dapat benar-benar efektif dan efisien. Kegiatan Pelatihan GO Online diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan UMKM, serta mampu memaksimalkan teknologi untuk memaksimalkan marketing.

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia - APJII (2017) ‘Penetrasi & PerilakuPengguna Internet Indonesia - Survey 2017’, p. 34.

Hamzah, Y. I. et al. (2013) ‘Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi InteraktifBagi Pariwisata Indonesia’, Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), pp. 1–9. Available at: http://www.kemenpar.go.id/userfiles/JKI Vol_8 No_3 2013 - Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia.pdf.

Pamungkas, bagas aji and Zuhroh, S. (2016) ‘Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian’, Komunikasi, x(2), pp. 145–160.

Umami, Z. (2015) ‘Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta’, Jurnal Interaksi, 4(2), pp. 195–201. doi:1014710/interaksi,4,2,195-201.

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles