PENGUATAN FUNGSI DPS DALAM IMPLEMENTASI PRINSIP SYARIAH PADA BTM DAN BMT MILIK MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • Riduwan Riduwan Universitas Ahmad Dahlan
  • Priyono Puji Prasetyo Universitas Ahmad Dahlan
  • Mufti Alam Adha Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.385

Keywords:

Baitul Tamwil Muhammadiya, Baitul Maal wa Tamwil, Dewan Pengawas Syariah, Kemandirian Ekonomi

Abstract

Lahirnya Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) atau Baitul Maal wa Tamwil (BMT) di lingkungan Muhammadiyah menjadi bagian penting dalam kemandirian ekonomi Muhammadiyah. BTM dan BMT merupakan lembaga keuangan mikro dengan prinsip syariah. Kegiatan utamanya terdiri pada dua bidang, yaitu bidang sosial (Baitul Maal) dan bidang bisnis (Baitul Tamwil). Sebagai lembaga keuangan Syariah, BTM dan BMT harus mendapat pengawasan yang layak, yang dilakukan oleh Dewan Pengawas Syariah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada hari Jum’at dan Sabtu, tanggal 23-24 Maret 2018 yang bertempat di Aula Gedung PWM, Gedong Kuning, Yogyakarta. Peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian ini berjumlah 45 orang yang berasal dari berbagai BTM dan BMT milik Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta yang mengikuti pelatihan merupakan Dewan Pengawas Syariah dan Pengurus pada BMT dan BTM tersebut.

References

Huda, Nurul dan Mustafa Edwin Nasution, Current Issues Lembaga Keuangan Syari’ah, Kencana Predana Media Grup, Jakarta, 2009
Nasution, A. C. (2013). Efficiency of Baitul Maal Wa Tamwil (BMT): An Effort Towards Islamic Wealth Management in Microfinance Institution. In Proceeding of the 5th Islamic Economics System Conference (pp. 156–164).
Nurhasanah, Neneng, 2011. Optimalisasi Dewan Pengawas Syariah di Lembaha Keuangan Syariah. Jurnal Syiar Hukum Unisna, Vol. 8 (3), hal. 218-231.
Wulandari, Permata & Kassim, Salina. 2016. Issues and Challenges in Financing the Poor: Case of Baitul Maal wa Tamwil in Indonesia. International Journal of Bank Marketing, Vol. 34 (2).

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles