WISATA OUTBOUND DI GUNUNG GENTONG GEDANGSARI GUNUNG KIDUL

Authors

  • Tri Wahyuni Sukesi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta http://orcid.org/0000-0002-8919-9700
  • Sulistyawati Sulistyawati Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Surahma Asti Mulasari Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Fatwa Tentama Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.378

Keywords:

wisata, outbound, pelatihan

Abstract

Wisata budaya dan alam saat ini sedang banyak digemari oleh masyarakat. Wisata outbound adalah salah satu dari wisata budaya dan alam yang sedang banyak berkembang saat ini. Upaya untuk mengurangi tekanan pekerjaan dan hidup banyak sekali orang mencari tujuan wisata outbound yang murah. Salah satu tujuan yang ada di wilayah Gunung Kidul adalah Gunung Gentong, akan tetapi tujuan wisata outbound ini belum digarap dengan maksimal sehingga perlu dilakukan beberapa pelatihan bagi pengelolanya khususnya pelatihan permainan outbound yang berbasis pada dolanan anak di gunung Gentong.

Metode yang digunakan adalah dengan pelatihan outbound yang berbasis pada dolanan anak tradisional secara langsung kepada pengelola wisata. Memberikan sumbangan peralatan yang digunakan dalam permainan permainan tersebut. Melakukan monitoring evaluasi setelah pelaksanaan pelatihan.

Hasil yang diperoleh adalah kegiatan pelatihan berjalan dengan baik dan peserta aktif bertanya dan mengikuti kegiatan pelatihan sampai selesai. Pelatihan dilakukan dengan interaktif antara narasumber dengan peserta pelatihan

References

Adinugroho, G. (2017). Hubungan Perkembangan Wisata terhadap Ekonomi Wilayah di Gunungkidul Selatan The Impact of Tourism Development towards Regional Economy at. Journal of Regional and Rural Development Planning, 1(1), 16–27.
BPS, & Kominfo. (2016). Indeks Pembangunan Manusia Gunung Kidul Human Development Index. Yogyakart.
Falah, N. (2014). Efektivitas outbound sebagai Metode Pembelajaran (Studi Pada Out Bound Mahasiswa Jurusan BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Jurnal Hisbah, 11(1), 53–75.
Irwanto, D. (2017). Peristiwa _ Pesona Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul.
Nafisah, A., & Sukarniati, L. (2015). Dampak Perkembangan Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat Sekitar. JURNAL BISNIS & EKONOMI, 13(2), 105–115.
Pemkab Gunungkidul. (2016). kondisi geografi _ pemerintahangunungkidul.
Sari, M. (2016). Membangkitkan Kembali Tradisi Dolanan Anak Sebagai Upaya Penanaman Nilai Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal PPKn & Hukum, 11(1), 86–97.
Suripto. (2011). Pembangunan Manusia Untuk Mewujudkan Masyarakat Kalimantan Timur Berkualitas. Jurnal Borneo Administrator, 7(3), 258–282.

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles