WORKSHOP PENYUSUNAN SILABUS DAN RPP BAGI GURU-GURU SMA/SMK MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.365Keywords:
silabus, RPP, Kurikulum 2013, pengembangan profesionalisme guru.Abstract
Salah satu kegiatan penting dalam merencanakan pembelajaran adalah menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penerapan Kurikulum 2013 membuat guru harus menyesuaikan diri dalam menyusun silabus dan RPP berpendekatan saintifik. Guru-guru matematika SMA/SMK Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul merupakan target sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang tepat mengingat mereka belum pernah mendapatkan bimbingan teknis yang memadai. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih dan memotivasi guru agar mampu menyusun silabus dan RPP yang ideal. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu workshop dan pendampinga. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa para guru telah berusaha mencoba menerapkan silabus dan RPP hasil workshop
dan kegiatan mandiri dengan baik. Adapun umpan balik yang diperoleh menunjukkan bahwa pada tema workshop sesuai dengan kebutuhan peningkatan profesionalisme guru dan optimis tujuan workshop dapat tercapai. Daya dukung workshop berupa fasilitas ruang maupun fasilitas pendukung
cukup memadai sehingga workshop bisa berjalan dengan lancar, baik, tepat waktu, dan menyenangkan. Peserta sangat mendukung adanya pelatihan lanjutan.
References
Dikdasmen PDM Gunungkidul. SMK Muhammadiyah 1 Wonosari meraih peringkat 1 se
Kabupaten Gunungkidul di tahun 2015. Tersedia di
http://dikdasmen.pdmgunungkidul.org/.
Jalal, F. 2007. Sertifikasi Guru untuk Mewujudkan Pendidikan yang Bermutu. Medan:Universitas Negeri Medan.
Kemdikbud. 2013. Lampiran IV Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Pedoman Umum Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Mulyasa, H, E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.