WORKSHOP PENYUSUNAN SILABUS DAN RPP BAGI GURU-GURU SMA/SMK MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Sunaryo Sunaryo, Afit Istiandaru

Abstract


Salah satu kegiatan penting dalam merencanakan pembelajaran adalah menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penerapan Kurikulum 2013 membuat guru harus menyesuaikan diri dalam menyusun silabus dan RPP berpendekatan saintifik. Guru-guru matematika SMA/SMK Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul merupakan target sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang tepat mengingat mereka belum pernah mendapatkan bimbingan teknis yang memadai. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih dan memotivasi guru agar mampu menyusun silabus dan RPP yang ideal. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu workshop dan pendampinga. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa para guru telah berusaha mencoba menerapkan silabus dan RPP hasil workshop
dan kegiatan mandiri dengan baik. Adapun umpan balik yang diperoleh menunjukkan bahwa pada tema workshop sesuai dengan kebutuhan peningkatan profesionalisme guru dan optimis tujuan workshop dapat tercapai. Daya dukung workshop berupa fasilitas ruang maupun fasilitas pendukung
cukup memadai sehingga workshop bisa berjalan dengan lancar, baik, tepat waktu, dan menyenangkan. Peserta sangat mendukung adanya pelatihan lanjutan.


Keywords


silabus, RPP, Kurikulum 2013, pengembangan profesionalisme guru.

Full Text:

PDF

References


Amir, A. 2013. “Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran melalui Model Lesson Study, Logaritma”. Jurnal Logaritma Tahun 2013, 1(2).

Dikdasmen PDM Gunungkidul. SMK Muhammadiyah 1 Wonosari meraih peringkat 1 se

Kabupaten Gunungkidul di tahun 2015. Tersedia di

http://dikdasmen.pdmgunungkidul.org/.

Jalal, F. 2007. Sertifikasi Guru untuk Mewujudkan Pendidikan yang Bermutu. Medan:Universitas Negeri Medan.

Kemdikbud. 2013. Lampiran IV Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Pedoman Umum Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mulyasa, H, E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats