PELATIHAN ‘BUNDA MUDA HEBAT’

Fatwa Tentama, Nissa Tarnoto, Dessy Pranungsari

Abstract


Permasalahan anak jalanan pada saat ini semakin kompleks. Permasalahan yang muncul
diantaranya dialami oleh ibu-ibu muda jalanan yang memiliki anak usia dini. Ibu-ibu muda jalanan
merasa tidak siap memiliki anak akibat kehamilan di usia muda dan diluar nikah. Ibu-ibu muda
jalanan tersebut tidak tidak mengetahui di usia berapa anak seharusnya mulai berbicara, mulai
berjalan, mulai bermain dan juga ketidaktahuannya terhadap tahap-tahap perkembangan anak. Hal
ini menyebabkan kurangnya stimulasi yang diberikan orangtua yang berdampak negatif pada
perkembangan anak. Tujuan program pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan
ketrampilan ibu muda jalanan dalam menstimulasi perkembangan anak. Metode yang dilakukan
berupa 1) Ceramah dan diskusi 2) Workshop, 3) Role Play yang di praktekan langsung oleh ibu
kepada anaknya. Hasil dari program ini adalah peserta mampu menyadari akan pentingnya peran
orang tua dalam perkembangan anak, mampu memahami tahap-tahap perkembangan anak, mampu
menstimulasi perkembangan anak dengan alat yang mudah didapat dan murah atau barang bekas,
dan mampu melakukan stimulasi yang efektif dan menyenangkan bagi anak.

Keywords


ketrampilan stimulasi anak, ibu muda jalanan, perkembangan anak

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2008). Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.

Jakarta: Universitas Terbuka.

Catron, C.E. & Allen, J. (1999). Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model. New

Jersey: Merill, Prentice-Hall

Children & Youth Unit Development (The World Bank). (2009). Suplementing nutrion in

the early years: The role of early childhood stimulation to maximize nutrional

inputs. Notes Children & Youth Development, 3 (1), 1-4.

Farah, M.J., Betancourt, L,. Savage, J.H., Shera, D.M., Giannetta, J.M., Brodsky, N.L.,

Malmud, E.K., & Hurt, H. (2008). Enviromental stimulation, parental nurturance

and cognitif development in humans. Journal Developmental Science. 11 (5), 793-

Feiby, D. A. (2001). Tahap Perkembangan Anak Bayi Hingga Pra Sekolah. Jakarta: Dian

RakyatAisyah, S. (2008). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak

usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Goleman, Daniel. (1999). Working with Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi untuk

Mencapai Puncak Prestasi (penerjemah Alex Tri Kantjo Widodo). Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.

Lee, R. E. (1989), Phycology. Cambridge University Press, New York.

Masnun. 2012. Fenomena Pernikahan Dini Munculkan Kegalauan

[http://health.kompas.com/read/2012/10/02/12113585/fenomena.pernikahan.dini.munculkan.quo

tkegalauanquot] diunduh tanggal 25 Maret 2015

Soetjiningsih. (2003). Perkembangan Anak dan Permasalahannya. Jakarta: EGC

Soetjiningsih. 2002. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats