PELATIHAN ‘BUNDA MUDA HEBAT’
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.358Keywords:
ketrampilan stimulasi anak, ibu muda jalanan, perkembangan anakAbstract
Permasalahan anak jalanan pada saat ini semakin kompleks. Permasalahan yang munculdiantaranya dialami oleh ibu-ibu muda jalanan yang memiliki anak usia dini. Ibu-ibu muda jalanan
merasa tidak siap memiliki anak akibat kehamilan di usia muda dan diluar nikah. Ibu-ibu muda
jalanan tersebut tidak tidak mengetahui di usia berapa anak seharusnya mulai berbicara, mulai
berjalan, mulai bermain dan juga ketidaktahuannya terhadap tahap-tahap perkembangan anak. Hal
ini menyebabkan kurangnya stimulasi yang diberikan orangtua yang berdampak negatif pada
perkembangan anak. Tujuan program pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan
ketrampilan ibu muda jalanan dalam menstimulasi perkembangan anak. Metode yang dilakukan
berupa 1) Ceramah dan diskusi 2) Workshop, 3) Role Play yang di praktekan langsung oleh ibu
kepada anaknya. Hasil dari program ini adalah peserta mampu menyadari akan pentingnya peran
orang tua dalam perkembangan anak, mampu memahami tahap-tahap perkembangan anak, mampu
menstimulasi perkembangan anak dengan alat yang mudah didapat dan murah atau barang bekas,
dan mampu melakukan stimulasi yang efektif dan menyenangkan bagi anak.
References
Aisyah, S. (2008). Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.
Jakarta: Universitas Terbuka.
Catron, C.E. & Allen, J. (1999). Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model. New
Jersey: Merill, Prentice-Hall
Children & Youth Unit Development (The World Bank). (2009). Suplementing nutrion in
the early years: The role of early childhood stimulation to maximize nutrional
inputs. Notes Children & Youth Development, 3 (1), 1-4.
Farah, M.J., Betancourt, L,. Savage, J.H., Shera, D.M., Giannetta, J.M., Brodsky, N.L.,
Malmud, E.K., & Hurt, H. (2008). Enviromental stimulation, parental nurturance
and cognitif development in humans. Journal Developmental Science. 11 (5), 793-
801.
Feiby, D. A. (2001). Tahap Perkembangan Anak Bayi Hingga Pra Sekolah. Jakarta: Dian
RakyatAisyah, S. (2008). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak
usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Goleman, Daniel. (1999). Working with Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi untuk
Mencapai Puncak Prestasi (penerjemah Alex Tri Kantjo Widodo). Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Lee, R. E. (1989), Phycology. Cambridge University Press, New York.
Masnun. 2012. Fenomena Pernikahan Dini Munculkan Kegalauan
[http://health.kompas.com/read/2012/10/02/12113585/fenomena.pernikahan.dini.munculkan.quo
tkegalauanquot] diunduh tanggal 25 Maret 2015
Soetjiningsih. (2003). Perkembangan Anak dan Permasalahannya. Jakarta: EGC
Soetjiningsih. 2002. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto
Jakarta: Universitas Terbuka.
Catron, C.E. & Allen, J. (1999). Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model. New
Jersey: Merill, Prentice-Hall
Children & Youth Unit Development (The World Bank). (2009). Suplementing nutrion in
the early years: The role of early childhood stimulation to maximize nutrional
inputs. Notes Children & Youth Development, 3 (1), 1-4.
Farah, M.J., Betancourt, L,. Savage, J.H., Shera, D.M., Giannetta, J.M., Brodsky, N.L.,
Malmud, E.K., & Hurt, H. (2008). Enviromental stimulation, parental nurturance
and cognitif development in humans. Journal Developmental Science. 11 (5), 793-
801.
Feiby, D. A. (2001). Tahap Perkembangan Anak Bayi Hingga Pra Sekolah. Jakarta: Dian
RakyatAisyah, S. (2008). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak
usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Goleman, Daniel. (1999). Working with Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi untuk
Mencapai Puncak Prestasi (penerjemah Alex Tri Kantjo Widodo). Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Lee, R. E. (1989), Phycology. Cambridge University Press, New York.
Masnun. 2012. Fenomena Pernikahan Dini Munculkan Kegalauan
[http://health.kompas.com/read/2012/10/02/12113585/fenomena.pernikahan.dini.munculkan.quo
tkegalauanquot] diunduh tanggal 25 Maret 2015
Soetjiningsih. (2003). Perkembangan Anak dan Permasalahannya. Jakarta: EGC
Soetjiningsih. 2002. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto
Downloads
Published
2018-12-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.