PENGETAHUAN DASAR SENI RUPA DAN KETERAMPILAN SERTA PEMBUATAN BAHAN AJAR DENGAN TEKNIK MONTASE

Authors

  • Probosiwi Probosiwi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.336

Keywords:

Seni Rupa, Keterampilan, Unsur Seni Rupa, Prinsip Seni Rupa, Montase

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah bagaimana mengajarkan kepada para guru sekolah dasar
agar dapat membuat bahan ajar berbasis seni rupa dan keterampilan. Hal ini mengarah pada cara
atau metode pembelajaran yang menarik dengan melakukan praktik melalui pendampingan. Guru
dalam menjalankan proses pembelajaran dibutuhkan suatu bahan ajar karena digunakan untuk
membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Dan dari proses belajar mengajar ini akan
diperoleh suatu hasil yang pada umumnya disebut hasil pengajaran. Salah satu bentuk bahan ajar
adalah karya seni dan keterampilan dua dimensi yaitu montase pada media kertas sebagai bentuk
representasi suatu ide atau fenomena yang terjadi di sekitarnya. Proses pembuatan menggunakan
kaidah unsur dan prinsip dasar seni rupa untuk menghasilkan karya yang estetis

References

Hawadi, Reni Akbar. et al. (2001). Kreativitas Panduan bagi Penyelenggaraan Program Penciptaan Belajar (Buku 2). Jakarta: PT Grasindo.

Ismiyanto.(1994). Pembelajaran Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Dalam Media Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Semarang.No. 3 Desember 1994.Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang No. 3 Th.XVII Desember 1994. Hlm. 42-55.

Ismiyanto. 2009. Gbpp-Silabus RPP dan Handout Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Seni Rupa. Semarang: Unnes.

Rondhi, Moh. dan Anton Sumartono. 2002. “Tinjauan Seni Rupa I”. Hand Out Jurusan Seni Rupa, FBS UNNES Semarang: Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri
Semarang.

Sunaryo. 2002. Nirmana I. Hand Out. Semarang: Jurusan Seni Rupa. Fakultas Bahasa dan Seni UNNES.

Syafii. 2006. Konsep Pembelajaran Seni Rupa. Hand Out. Semarang: Unnes Press.

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles