PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN
Widodo Widodo
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan salah satu keterampilan yang menjadi panduan bagi siswa untuk belajar sains secara holistic. Pelaksanaan keterampilan proses sains dalam pembelajaran membutuhkan pemahaman terhadap karakteristik, langkah-langkah pelaksanaan, serta pembuatan perangkat pembelajaran. Banyak guru IPA SMP Muhammadiyah Kabupaten Sleman yang mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran yang berbasiskan pada keterampilan proses sains. Pelatihan ini dilakukan untuk membekali guru IPA SMP Muhammadiyah Kabupaten Sleman bagian timur untuk dengan pemahaman tentang pengambangan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan proses sains. Pelatihan dilakukan selama dua hari, yaitu pada tgl. 28-29 Agustus 2017 di SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Pelatuhan dilakukan dalam dua sesi materi. Sesi materi pertama tentang materi keterampilan proses sains. Sesi materi kedua tentang penyusunan langkah kerja eksperimen menggunakan kit IPA rangkaian listrik. Peserta berasal dari 9 SMP Muhammadiyah. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan setelah kegiatan, bahwa peserta merasa perlu untuk dilakukan kegiatan serupa terutama untuk eksperimen terkait kit IPA lainnya.
Keywords
pelatihan, perangkat pembelajaran, fisika, keterampilan proses sains
Chodijah, S., Fauzi, A., & Wulan, R. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, (I), 1-19.
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kusumaningrum, Sih. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X. Tesis. Pascasarja UNY.
Zuhdan Kun Prasetyo, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas Ahmad Dahlan Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604 Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id