PELATIHAN MENULIS CERITA DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAUD DI KABUPATEN BOYOLALI JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.321Keywords:
Menulis Cerita, Bercerita dan GuruAbstract
Salah satu permasalahan di Guru PAUD Kabupaten Boyolali Jawa Tengah adalah rendahnyaguru dalam menggunakan metode bercerita di dalam kelas. Metode bercerita merupakan salah satu
metode yang digunakan guru untuk mengembangkan aspek-aspek yang ada di dalam anak, seperti
kognitif, bahasa, fisik motoric, moral dan agama,dan seni. Oleh karena itu metode bercerita
merupakan salah satu kegitan yang dapat membantu anak berkembang. Kenyataan di lapangan
belum semua guru mampu menggunakan metode berceita sebagai sarana dalam pembelajaran
dengan alasan terlalu susah. Berdasarkkan pemaparan tersebut pemberdayaan ini difokuskan pada
pelatihan menulis cerita dan bercerita untuk guru PAUD. Metode pelaksanaan program
pemberdayaan Masyarakat meliputi: pendidikan masyarakat, difusi teknologi dan praktek langsung.
Dampak dari kegiatan PPM ini adalah: 1) tercipta kesadaran masyarakat sasaran tentang pentingnya
pendidikan anak usia dini, 2) peningkatan pengetahuan masyarakat dalam mengolah program anak
usia dini, 3) masyarakat terampil membuat karya kreatif
Downloads
Published
2018-12-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.