PELATIHAN MENULIS CERITA DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAUD DI KABUPATEN BOYOLALI JAWA TENGAH

Febritesna Nuraini, Dewi Eko Wati, Dwi Hastuti

Abstract


Salah satu permasalahan di Guru PAUD Kabupaten Boyolali Jawa Tengah adalah rendahnya
guru dalam menggunakan metode bercerita di dalam kelas. Metode bercerita merupakan salah satu
metode yang digunakan guru untuk mengembangkan aspek-aspek yang ada di dalam anak, seperti
kognitif, bahasa, fisik motoric, moral dan agama,dan seni. Oleh karena itu metode bercerita
merupakan salah satu kegitan yang dapat membantu anak berkembang. Kenyataan di lapangan
belum semua guru mampu menggunakan metode berceita sebagai sarana dalam pembelajaran
dengan alasan terlalu susah. Berdasarkkan pemaparan tersebut pemberdayaan ini difokuskan pada
pelatihan menulis cerita dan bercerita untuk guru PAUD. Metode pelaksanaan program
pemberdayaan Masyarakat meliputi: pendidikan masyarakat, difusi teknologi dan praktek langsung.
Dampak dari kegiatan PPM ini adalah: 1) tercipta kesadaran masyarakat sasaran tentang pentingnya
pendidikan anak usia dini, 2) peningkatan pengetahuan masyarakat dalam mengolah program anak
usia dini, 3) masyarakat terampil membuat karya kreatif

Keywords


Menulis Cerita, Bercerita dan Guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats