PELATIHAN PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENGHADAPAI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) MELALUI LESSON STUDI BASED LEARNING COMMUNITY DI SMP/MTS SE-KABUPATEN BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.315Keywords:
Lesson Study, Komunitas, Guru, Sekolah, KompetensiAbstract
Pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Peningkatan kualitas, kapasitas, kompetensi pedagogik-profesional dan pembinaan profesi pendidik (dalam hal ini guru) khususnya di Amal Usaha Muhammadiyahn (AUM) Sekolah Kabupaten Bantul (SMP/MTs) dapat dilakukan melalui melalui kegiatan Lesson study. Lesson study merupakan kegiatan yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial. Tahapan-tahapan dalam lesson study menggunakan konsep Plan-Do-Check-Act (PDCA). Kegiatan pelatihan lesson study diselenggarakan pada tanggal 10, 14, dan 16 Agustus 2017 di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bantul, dengan peserta perwakilan guru SMP/MTs Muhammadiyah seKabupaten Bantul. Output kegiatan pelatihan yaitu terbentuknya komunitas lesson study di SMP/MTs Muhammadiyah se-Kabupaten Bantul. Tindak lanjut kegiatan yaitu penerapan lesson study di masing-masing sekolah, dengan cara pelaksanaan berbasis MGMP, berbasis sekolah, dan berbasis komunitasReferences
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, (2004); Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta Djemari Mardapi. (1996); Implementasi Pola Ilmiah Pokok Pendidikan Berwawasan Budaya pada Proses Pembelajaran. Makalah Semiloka Sosialisasi Rambu-rambu Implementasi PIP Pendidikan Berwawasan Budaya. IKIP Yogyakarta. 31 Desember 1996. Lewis, Catherine C. 2002. Lesson Study:A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools. Inc. M. Zainudin dan Susy Puspitasari; (2001); Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi I; PAU untuk Peningkatan Pengembangan Aktivitas Instruksiional Dirjen Dikti, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Rosda.
Siti Irene Astuti D (2003); Pengembangan Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Penanaman Etos Kerja dan Membangun Kreativitas Anak. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan; Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat; Universitas Negeri Yogyakarta. Sumar Hendayana, dkk. 2006. Lesson Study. Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. UPI Press. Udin S. Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. Vygotsky, L.S. 1978. Mind in society: the development of higher psychological Processes. Cambridge, MA: Havard University Press
Siti Irene Astuti D (2003); Pengembangan Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Penanaman Etos Kerja dan Membangun Kreativitas Anak. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan; Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat; Universitas Negeri Yogyakarta. Sumar Hendayana, dkk. 2006. Lesson Study. Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. UPI Press. Udin S. Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. Vygotsky, L.S. 1978. Mind in society: the development of higher psychological Processes. Cambridge, MA: Havard University Press
Downloads
Published
2018-12-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.