PARTISIPASI MASYARAKAT SEKITAR MASJID MANGUNEGARAN, PANEMBAHAN, KRATON DALAM PROGRAM PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN JALAN SEHAT LANSIA

Rina Ratih

Abstract


Pemeriksaan kesehatan dengan pasien lanjut usia pada dasarnya adalah mendeteksi dini penyakit atau berusaha untuk mencegah penyakit. Maka salah satu program KKN UAD difokuskan pada pemeriksaan kesehatan dan jasmani para lansia. Pemeriksaan kesehatan dengan pasien lansia adalah waktu terbaik untuk memberikan konseling tentang pengelolaan stress, pola hidup sehat dan pemeriksaan berat badan. Metode pelaksanaan program KKN meliputi: jalan sehat pagi hari, pemeriksaaan tekanan darah, dan pengukuran berat badan secara rutin setiap bulan di tempat salah satu warga desa Mangunegaran. Manfaat dari kegiatan KKN ini adalah : 1) Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia. 2) mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan di masyarakat. 3) Meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut dan tenaga medis setempat.

Keywords


Kata kunci : Partisifasi, Pemeriksaan Kesehatan, Mangunegaran

Full Text:

PDF

References


Akmal, Hilda Fauzia, 2012, “Perbedaan Asupan Energi, Protein, Aktivitas Fisik dan Status Gizi antara Lansia yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Senam Bugar Lansia”, Laporan Akhir Hasil Penelitian. Universitas Diponegoro. Semarang. Santoso, 2010, Senam Lansia Indonesia, Binakarya, Jakarta. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), 2013, Badan Penelitian dan PengembanganKesehatan Kementerian RI tahun 2013. http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%2,2013.pdf. (Diakses pada tanggal 5 Juni 2017, Yogyakarta)




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats