PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PERWAKILAN GURU SMU MUHAMMADIYAH SE DIY PADA MAJELIS PUSTAKA DAN INFORMASI (MPI) PWM DIY
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.306Keywords:
Media Pembelajaran, MPIAbstract
Pada era persaingan global saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat melalui berbagai inovasi-inovasi yang semakin maju seiring dengan perkembangan zaman. Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PWM DIY merupakan majelis ditingkat wilayah dan dibawah MPI PP Muhammadiyah mempunyai program kerja salah satunya mengembangkan dan meningkatkan serta menciptakan daya saing civitas terutama guru Muhammadiyah sehingga tercipta pengajar yang unggul disertai pemanfaatan teknologi untuk peningkatan kualitas belajar dan menunjang pembelajaran. Agar program kerja dari MPI PP Muhammadiyah dapat berjalan dengan lancer maka dilakukanlah pelatihan pembuatan media pembelajaran untuk perwakilan Guru SMU Muhammadiyah se DIY. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah dengan memberikan modul pelatihan, bimbingan dengan cara tutorial, pemberian contoh dan studi kasus dan yang terakhir adalah evaluasi. Dari evaluasi yang dilakukan menggunakan kuesiner dalam pelatihan ini dihasilkan bahwa kemampuan dari peserta naik 10 % yaitu kemampuan dari sebelum pelatihan 59,82% setelah pelatihan menjadi 70,57%. Sehingga pelatihan ini dapat dikatakan berhasil karena dapat meningkatkan kemampuan dari peserta dalam membuat media pembelajaranDownloads
Published
2018-12-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.