PELATIHAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DI PDM BANTUL YOGYAKARTA

Dian Artha Kusumastuty, Fajar Artha Fitri, Nanang Artha Suwondo

Abstract


Keterampilan proses dalam pembelajaran harus ditumbuhkan dalam diri siswa sesuai dengan
taraf perkembangan pemikirannya. Keterampilan ini akan menjadi roda penggerak penemuan dan
pengembangan fakta dan konsep sikap, wawasan, dan nilai siswa. Namun, pada saat ini masih
banyak guru IPA SMP Muhammadiyah terutama di lingkungan kabupaten Bantul belum
melaksanakan pembelajaran keterampilan proses dan belum mengembangankan instrumen
evaluasinya. Dengan demikian perlu dilakukan pelatihan pengembangan instrument evaluasi
pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses. Pelatihan berhasil dilaksanakan pada tanggal 17-
18 Mei 2017 di gedung PDM Bantul dengan jumlah peserta 12 guru IPA SMP Muhammadiyah.
Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan materi: Pembelajaran IPA berbasis Ketrempilan
Proses Menggunakan Arduino sebagai Media Pembelajaran dan Pengembangan Instrumen Evaluasi
Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses. Berdasarkan pelatihan ini, maka guru-guru
memahami bagaimana pembelajaran keterampilan proses dalam IPA dan memahami bagaimana
mengembangkan instrument evaluasinya. Berdasarkan hal ini maka diperoleh kesimpulan bahwa
berdasarakan pelatihan yang telah diselenggarakan, maka sebagian besar guru-guru IPA SMP
Muhammadiyah di kabupaten Bantul memahami tentang instrumen evaluasi pembelajaran berbasis
keterampilan proses dan mampu mengembangkannya.


Keywords


Instrumen Evaluasi, Pembelajaran Ipa, Keterampilan Proses.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, 2006. Model Pembelajaran Terpadu IPA SMP/MTs. SMP LB. Pusat

Kurikulum Balitbang Diknas.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Firman, H. (2000). Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan

Pendidikan Kimia FPMIPA UPI

MilyaSari.2012.HakekatPendidikansains/IPA.

https://kajianipa.wordpress.com/2012/03/28/hakekat-pendidikan-sians/. Diakses

tanggal 23 Februari 2017.

Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, untuk IPA SD/MI dan SMP/MTs.

Rustaman, N.Y., dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan

Pendidikan Biologi FPMIPA UPI




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats