PELATIHAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DI PDM BANTUL YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.302Keywords:
Instrumen Evaluasi, Pembelajaran Ipa, Keterampilan Proses.Abstract
Keterampilan proses dalam pembelajaran harus ditumbuhkan dalam diri siswa sesuai dengan
taraf perkembangan pemikirannya. Keterampilan ini akan menjadi roda penggerak penemuan dan
pengembangan fakta dan konsep sikap, wawasan, dan nilai siswa. Namun, pada saat ini masih
banyak guru IPA SMP Muhammadiyah terutama di lingkungan kabupaten Bantul belum
melaksanakan pembelajaran keterampilan proses dan belum mengembangankan instrumen
evaluasinya. Dengan demikian perlu dilakukan pelatihan pengembangan instrument evaluasi
pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses. Pelatihan berhasil dilaksanakan pada tanggal 17-
18 Mei 2017 di gedung PDM Bantul dengan jumlah peserta 12 guru IPA SMP Muhammadiyah.
Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan materi: Pembelajaran IPA berbasis Ketrempilan
Proses Menggunakan Arduino sebagai Media Pembelajaran dan Pengembangan Instrumen Evaluasi
Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses. Berdasarkan pelatihan ini, maka guru-guru
memahami bagaimana pembelajaran keterampilan proses dalam IPA dan memahami bagaimana
mengembangkan instrument evaluasinya. Berdasarkan hal ini maka diperoleh kesimpulan bahwa
berdasarakan pelatihan yang telah diselenggarakan, maka sebagian besar guru-guru IPA SMP
Muhammadiyah di kabupaten Bantul memahami tentang instrumen evaluasi pembelajaran berbasis
keterampilan proses dan mampu mengembangkannya.
References
Kurikulum Balitbang Diknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Firman, H. (2000). Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan
Pendidikan Kimia FPMIPA UPI
MilyaSari.2012.HakekatPendidikansains/IPA.
https://kajianipa.wordpress.com/2012/03/28/hakekat-pendidikan-sians/. Diakses
tanggal 23 Februari 2017.
Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, untuk IPA SD/MI dan SMP/MTs.
Rustaman, N.Y., dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan
Pendidikan Biologi FPMIPA UPI
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.