MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TPA BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE QIRO’ATI
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.301Keywords:
multimedia pembelajaran, komputer, metode qiro’atiAbstract
Tujuan dari penulisan ini adalah bagaimana multimedia pembelajaran TPA berbasiscomputer dengan metode qiro’ati. Pembelajaran metode qira’ati supaya lebih efektif dengan
mengembangkan sebuah program multimedia pembelajaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh
guru TPA maupun santri sebagai media penunjang kegiatan belajar. Dengan multimedia
pembelajaran interaktif belajar membaca Al-Qur’an ini diharapkan guru TPA dapat memotivasi
santri agar lebih aktif dikelas. Penggunaan multimedia berbasis computer memberikan kebebasan
kepada santri untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga belajar lebih bermakna
bagi santri. Dengan program multimedia ini santri dapat mengulang secara mandiri jika belum
memahami pembelajaran di kelas. Metode Qiro’ati merupakan suatu metode membaca Al-Qur’an
yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan qoidah ilmu tajwid.
Dari pengertian di atas dapat diketahui bahwa dalam metode qiro’ati terdapat dua pokok yang
mendasari yakni :membaca Al-Qur’an secara langsung dan pembiasaan pembacaan dengan tartil
sesuai dengan ilmu tajwid membaca Al-Qur’an secara langsung maksudnya adalah dalam
pembacaan jilid ataupun Al-Qur’an tidak dengan cara mengeja akan tetapi dalam membacanya harus
secara langsung.
References
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Firdiana, Deni. (2003) Efisiensi Buku Qiro’ati dalam Pengajaran Al-Qur’an di LPI Al
Hikmah Surabaya. Surabaya: LPI Al-Hikmah
Heinich, R. (1996). Intruksional media and technologies for learning. Englewood Clifts:
Prentice-hall, Inc, A Simon & Schuster Company.
Surasma, Otong. (2002). Metode Insan Kunci Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan
Benar. Jakarta: Gema Insani
Zuhairini, Abdul Ghafir. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Malang: Universitas Islam Negeri Malang
Firdiana, Deni. (2003) Efisiensi Buku Qiro’ati dalam Pengajaran Al-Qur’an di LPI Al
Hikmah Surabaya. Surabaya: LPI Al-Hikmah
Heinich, R. (1996). Intruksional media and technologies for learning. Englewood Clifts:
Prentice-hall, Inc, A Simon & Schuster Company.
Surasma, Otong. (2002). Metode Insan Kunci Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan
Benar. Jakarta: Gema Insani
Zuhairini, Abdul Ghafir. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Malang: Universitas Islam Negeri Malang
Downloads
Published
2018-12-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.