PELATIHAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA GURU DI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN SEMARANG

Sri Sukamta, Ulfah Mediaty Arief, Subiyanto Subiyanto, Tatyantoro Andrasto, Fitria Ekarini, Agung Adi Firdaus, Achmad Rifaldi

Abstract


Pada masa mendatang penerapan teknologi internet di bidang pendidikan dan pelatihan akan sangat dibutuhkan dalam rangka peningkatan kualitas dan pemerataan layanan pendidikan. Sehingga diperlukan solusi yang tepat dan cepat dalam mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan mutu pendidikan. Melalui e-learning, pendidikan jarak jauh yang bergantung pada jarak dan waktu untuk pelaksanaan pendidikan dan pelatihan akan dapat diatasi, sehingga diperlukan penggunaan suatu media learning management system. Kegiatan pelatihan learning management system pada guru di Gugus Ki Hajar Dewantoro Kabupaten Semarang telah dilaksanakan pada 18-25 Juli 2020 menggunakan media Zoom Meeting dengan materi pengenalan sampai dengan mempraktikkan pembelajaran dengan LMS Schoology. Kegiatan pembukaan dan penutupan juga dilaksanakan secara langsung di SDN Sugihan 02 melalui perwakilan. Pelatihan dilakukan oleh tim pengabdian Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang yang terdiri dari lima orang dosen dan dua orang mahasiswa. Dilakukan evaluasi dengan memberikan pre test dan post test. Hasil pre test menyimpulkan peserta yang kebanyakan berstatus sebagai guru, masih belum menerapkan learning management system dan belum mengetahui Schoology dengan rata-rata skor sebesar 70% dan 73%. Dalam segi kebermanfaatan, evaluasi juga dilakukan melalui beberapa aspek diantaranya adalah: 1) aspek keterbantuan, 2) ketertarikan pendidik dan siswa, 3) kemudahan, dan 4) fleksibilitas. Hasil evaluasi yang telah dilaksanakan terkait manfaat yang dirasakan saat menggunakan media Schoology sebagai LMS mendapatkan skor 79%-85% untuk setiap aspeknya. Hal tersebut menyimpulkan, ketertarikan dan kebermanfaatan Schoology sebagai LMS dalam pembelajaran cukup tinggi.


Keywords


Pelatihan, Learning Management System, Schoology

Full Text:

PDF

References


Adawi, R. (2008). Pembelajaran Berbasis Elearning. BAHAS 0 (69TH XXXV). https://doi.org/10.24114/bhs.v0i69TH XXXV.2397.

Choiroh, N. (2020). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring/ E-Learning Dalam Pandangan Siswa. Retrieved September 8, 2020, from https://iain-surakarta.ac.id/%EF%BB%BFefektifitas-pembelajaran-berbasis-daring-e-learning-dalam-pandangan-siswa/

Drajat Friansah, Y. Y. (2020). Pelatihan Learning Management System-Schoologybagi Guru Mgmp Matematika Sma/Smk Kabupaten Musi Rawas. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat, 184-195.

Holil, A. (2020, 05 31). Kompas.com. Retrieved from Kompas: https://edukasi.kompas.com/read/2020/05/31/172306571/menyiapkan-normal-baru-pembelajaran-yang-berpihak-pada-siswa-kita?page=all

Muhammad Rozi Yerusalem, A. F. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 481-492.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 33-47.

Suhartono, H. (2010). Survey 2009: Mutu Situs E-Learning Indonesia Masih Sangat Minim. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, 80-83.




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2849

Refbacks



Copyright (c) 2020 Sri Sukamta, Ulfah Mediaty Arief, Subiyanto Subiyanto, Tatyantoro Andrasto, Fitria Ekarini, Agung Adi Firdaus, Achmad Rifaldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats