PELATIHAN BACA AL-QUR’AN DAN PENDAMPINGAN CALON SANTRI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR DI MASA COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2539Keywords:
Pelatihan, Baca Qur’an, SantriAbstract
Pesantren merupakan salah satu khazanah dalam pendidikan Indonesia. Hal ini disebabkan model pendidikan yang berbeda dan alumni yang dihasilkan. Pondok Modern Darussalam Gontor adalah Pesantren yang telah berdiri sejak 1926. Model pendidikan dan peran alumni menjadi salah pertimbangan orang tua untuk memasukkan anaknya ke Pondok Modern Darussalam Gontor.  Persayaratan masuk Pondok Modern Darussalam Gontor adalah kemampuan baca Al-Qur’an. Sebagai upaya untuk mempersiapkan calon santri diadakanlah pelatihan baca Al-Qur’an dan pendampingan calon santri. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada masa pandemi covid-19. Metode yang dipergunakan adalah metode sorogan daring dan mengirimkan materi video ke peserta. Untuk pendampingan dilaksanakan selama pendaftaran sampai pengumuman kelulusan. Pengabdian berjalan lancar dengan kelulusan peserta pelatihan sebesar 95,91%. Para peserta yang lulus menjadi santri Pondok Modern Darussalam Gontor.References
Effendy, Ilham. 2016. “Pengaruh Pemberian Pre-Test Dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung.†Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(2):81–88.
Handayani, Iys Nur, and Suismanto. 2018. “Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Anak.†GOLDEN AGE Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol. 3(2):105.
Hardoyo, Hafid. 2008. “Kurikulum Tersembunyi Pondok Modern Darussalam Gontor.†At-Ta’dib 4(2):191–208.
Ismail, Muhammad. 2011. “Sistem Pendidikan Pesantren Modern: Studi Kasus Pendidikan Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo.†Jurnal At-Ta’dib 6(1):147–66.
Nurhakim, Moh. 2018. “Imam Zarkasyi Dan Pembaharuan Pesantren : Rekonstruksi Aspek Kurikulum, Menejemen Dan Etika Pendidikan.†Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 7(1):1.
Sanusi, Muhammad Husein. 2016. Trimurti: Menelusuri Jejak, Sintesa Dan Genealogi Berdirinya Pondok Modern Darussalam Gontor. 1st ed. Bantul: Etifaq Production.
Syafe’i, Imam. 2017. “PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8:85–103.
Syamsuri, Joni,. 2016. “Eksistensi Dan Kontribusi Pondok Modern Darussalam Gontor Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia.†At Ta’Dib 11(2).
Zarkasyi, Muhammad Ridlo. 2016. Ajaran Kiai Gontor: 72 Prinsip Hidup KH. Imam Zarkasyi. 1st ed. Jakarta: renebook.
Handayani, Iys Nur, and Suismanto. 2018. “Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Anak.†GOLDEN AGE Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol. 3(2):105.
Hardoyo, Hafid. 2008. “Kurikulum Tersembunyi Pondok Modern Darussalam Gontor.†At-Ta’dib 4(2):191–208.
Ismail, Muhammad. 2011. “Sistem Pendidikan Pesantren Modern: Studi Kasus Pendidikan Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo.†Jurnal At-Ta’dib 6(1):147–66.
Nurhakim, Moh. 2018. “Imam Zarkasyi Dan Pembaharuan Pesantren : Rekonstruksi Aspek Kurikulum, Menejemen Dan Etika Pendidikan.†Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 7(1):1.
Sanusi, Muhammad Husein. 2016. Trimurti: Menelusuri Jejak, Sintesa Dan Genealogi Berdirinya Pondok Modern Darussalam Gontor. 1st ed. Bantul: Etifaq Production.
Syafe’i, Imam. 2017. “PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8:85–103.
Syamsuri, Joni,. 2016. “Eksistensi Dan Kontribusi Pondok Modern Darussalam Gontor Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia.†At Ta’Dib 11(2).
Zarkasyi, Muhammad Ridlo. 2016. Ajaran Kiai Gontor: 72 Prinsip Hidup KH. Imam Zarkasyi. 1st ed. Jakarta: renebook.
Downloads
Published
2020-12-15
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.