PENGUATAN PEMASARAN BATIK CIPRAT KARYA DIFABEL MELALUI SOCIAL MEDIA DAN WEBSITE

Authors

  • Rudi Susanto Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Duta Bangsa Surakarta http://orcid.org/0000-0003-4334-0331
  • Novemy Triyandari Nugroho Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Wiji Lestari Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2445

Keywords:

marketing, social media, websites, batik ciprat

Abstract

Mitra kegiatan pengabdian masyakat ini adalah KSM Karya Barokah yang bergerak pada usaha produksi batik ciprat karya difabel yang dipasarkan dengan nama batik ciprat pucung. KSM Karya Barokah berada di Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini supaya mitra dapat memasarkan produknya melalui social media instagram dan website. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat terdiri dari 1) Persiapan, 2) Pelatihan, 3) Evaluasi dan 4) Penndampingan. Hasil Kegiatan adalah sebagai berikut: 1) KSM Karya Barokah dapat melakukan pemasaran online dengan social media dan website dengan mengelola akun instagram @batik_ciprat_pucung dan website http://batikcipratpucung.com, 2) Pengetahuan mitra terkait pemasaran online dengan social media dan website meningkat sebesar 25.71%. Hasil kegiatan pengabdian masyakat ini menunjukan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat memberikan manfaat bagi mitra.

References

Damayanti. (2018). PKM Pemanfaatan Media Sosial Instagram Kelompok UKM Kuliner Depok. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Dewi, D. A. L., & Maslichan. (2017). Upaya Peningkatan Kualitas Produksi dan Manajemen Usaha pada UMKM Genteng dan Batu Bata Di Kabupaten Rembang. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat (PENAMAS), 1(1), 34-44.
Irwanto Dkk. (2010). Analisis Situasi Penyandang Disabilitas di Indonesia: Sebuah Desk Review. Jakarta: Pusat Kajian Disabilitas Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia
Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Kompetensi, 11(2).
Nugroho, N. T. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Kemasan (Studi Kasus Desa Tohudan, Colomadu Karanganyar). Jurnal Duta.com, 8(1).
Setyaningsih, R., & Gutama. (2016). Pengembangan Kemandirian Bagi Kaum Difabel (Studi Kasus pada Peran Paguyuban Sehati dalam Upaya Pengembangan Kemandirian bagi Kaum Difabel di Kabupaten Sukoharjo). Jurnal Sosiologi DILEMA, 31(1).
Susanto, R., dkk. (2018). Usaha Pengeringan Empon-Empon Bahan Obat Herbal Di Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1).

Downloads

Published

2020-12-14

Issue

Section

Articles