PELATIHAN PEMBUATAN RPP MENGGUNAKAN METODE 4 C’S BAGI GURU-GURU MGMP BAHASA INGGRIS KALIMANTAN SELATAN

Authors

  • Hafizhatu Nadia Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Yansyah Yansyah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Tenny Murtiningsih Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2308

Keywords:

Pelatihan guru, Rencana Pembelajaran, Metode 4 C’S

Abstract

Pada saat ini, peserta didik diharapkan untuk memiliki keterampilan sosial dan personal abad 21, yaitu kreatifitas, kolaborasi, berpikir kritis, dan komunikatif karena keterampilan kognitif saja tidak cukup untuk menghadapi tantangan yang akan mereka temukan di masa depan. Hal ini kemudian menjadi tantangan bagi para guru untuk bisa mengintegrasikan keempat komponen tersebut dalam pembelajaran dalam kelas. Pertimbangan ini menjadi latar belakang pelatihan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang diperuntukkan untuk guru-guru MGMP di Kalimantan Selatan. Pelatihan ini berupa workshop satu hari dimana para guru belajar mengenai konsep 4 C’S dan di akhir sesi pelatihan mereka diminta untuk berkolaborasi membuat RPP. Pada kegiatan kolaborasi ini guru-guru berdiskusi tentang suatu topik, menentukan langkah-langkah pembelajaran, sekaligus memikirkan dibagian mana mereka menyisipkan 4 C. RPP ditulis pada sebuah kertas karton besar yang kemudian akan didisplay dan dipresentasikan. Pada akhir kegiatan, peserta diminta untuk merefleksi apa yang telah mereka pelajari dan mengisi angket yang berisi persepsi dan evaluasi terhadap program pengabdian masyarakat ini. Peserta kegiatan merasa senang dan mendapatkan manfaat berupa praktik langsung pembuatan RPP serta berkolaborasi dengan rekan MGMP dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan.

References

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1), 65–74. Retrieved from http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/480
Butarbutar, P. E. (2019). Penerapan 4 C’S dalam Pembelajaran Halaman 1 - Kompasiana.com. Retrieved June 8, 2020, from https://www.kompasiana.com/poltakbutarbutar8687/5d3fc21a0d8230196b30d912/penerapan-4-c-s-dalam-pembelajaran?page=1
Center, P. P. R. (2010). 21st Century Skills for Students and Teachers. Retrieved from www.21stcenturyskills.com
Nurhidayati, & Kustini, S. (2018). Pengembangan bahan ajar bahasa inggris berbasis keterampilan abad 21 pada perguruan tinggi vokasi: sebuah kajian literatur. Prosiding Seminar Nasional ASBIS 2019 Politeknik Negeri Banjarmasin, 6014, 417–424.
Rohmadi, M. (2018). Setrategi Dan Inovasi Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Era Industri 4.0. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia |, 27, 27–40.
Sukartono. (2017). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia. Retrieved from http://fkip.ums.ac.id/wp-content/uploads/sites/43/2018/12/Revolusi-Industri-4.0-dan-Dampaknya-terhadap-Pendidikan-di-Indonesia-Dr.-Sukartono.doc.
Trisnawati, W., & Sari, A. (2019). INTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM MODUL SOCIOLINGUISTICS: KETERAMPILAN 4C (COLLABORATION, COMMUNICATION, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455-466. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/179
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, (April), 1–18. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/332469989_MENGENAL_4C_LEARNING_AND_INNOVATION_SKILLS_UNTUK_MENGHADAPI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40_1

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles