PELATIHAN PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI LANGKAH PERSIAPAN GURU SMK DALAM MELAKSANAKAN LEARNING FROM HOME DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sudirman Rizki Ariyanto Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung http://orcid.org/0000-0002-9099-5982
  • Anggara Sukma Ardiyanta Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Soeryanto Soeryanto Universitas Negeri Surabaya
  • Warju Warju Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya
  • Yelma Dianastiti Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2263

Keywords:

Pandemi Covid-19, pembelajaran daring, google classroom, zoom cloud meetings, web tool quizizz

Abstract

Pandemi Covid-19 telah merubah pola belajar siswa di seluruh dunia yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka dan sekarang telah beralih menuju pembelajaran daring. Namun yang menjadi permasalahan adalah tidak semua sekolah siap untuk melaksanakan pembelajaran daring dalam waktu yang cukup lama. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk melatih para peserta dalam: (1) menggunakan platform google classroom; (2) menggunakan platform zoom cloud meetings; dan (3) menggunakan web tool quizizz. Kegiatan PKM ini dilakukan menggunakan metode pelatihan dan pendampingan. Subjek kegiatan atau perserta pelatihan berjumlah 50 orang guru. Waktu kegiatan dilaksanakan selama dua hari yakin tanggal 20 hingga 21 Maret 2020 yang diselenggarakan di SMK Dharma Bahari Surabaya. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah secara berurutan dari 50 orang guru sebanyak 34%, 50%, dan 8% peserta masuk kategori “sangat baikâ€, “baik†dan “cukup†dalam mengoperasikan google classroom, sedangkan 8% lainnya masuk dalam kategori “kurangâ€. Selanjutnya, secara berurutan sebanyak 40%, 52%, dan 2% peserta masuk kategori “sangat baikâ€, “baik†dan “cukup†dalam mengoperasikan zoom cloud meetings, sedangkan 6% lainnya masuk dalam kategori “kurangâ€. Kemudian, secara berurutan sebanyak 30%, 56%, dan 10% peserta masuk kategori “sangat baikâ€, “baik†dan “cukup†dalam mengoperasikan web tool quizizz, sedangkan 4% lainnya masuk dalam kategori “kurangâ€.

Author Biographies

Sudirman Rizki Ariyanto, Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif

Anggara Sukma Ardiyanta, Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif

Soeryanto Soeryanto, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Mesin

Warju Warju, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Mesin

Rachmad Syarifudin Hidayatullah, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Mesin

Yelma Dianastiti, Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif

References

Ariyanto, S. R., Munoto, M., & Muhaji, M. (2019a). Development of affective authentic assessment instruments for automotive engineering expertise in vocational school. Jurnal Taman Vokasi, 7(1), 42. https://doi.org/10.30738/jtv.v7i1.4777
Ariyanto, S. R., Munoto, M., & Muhaji, M. (2019b). Development of Psychomotor Domain Assessment Instrument on Brake System Competence in SMKN 1 Jetis Mojokerto. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(6). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i6.1648
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937
Castro, S. (2018). Google forms Quizzes and Substitution, Augmentation, Modification, and Redefinition (SAMR) Model Integration. Issues and Trends in Educational Technology, 6(2), 4–14.
Chaiyo, Y., & Nokham, R. (2017). The effect of Kahoot, Quizizz and Google forms on the student’s perception in the classrooms response system. 2017 International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT), 178–182. https://doi.org/10.1109/ICDAMT.2017.7904957
Dewayani, T. (2020). Bekerja dari Rumah (Work From Home) Dari Sudut Pandang Unit Kepatuhan Internal. Retrieved June 8, 2020, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13014/Bekerja-dari-Rumah-Work-From-Home-Dari-Sudut-Pandang-Unit-Kepatuhan-Internal.html
Djenno, M., Insua, G. M., & Pho, A. (2015). From paper to pixels: using Google forms for collaboration and assessment. Library Hi Tech News, 32(4), 9–13. https://doi.org/10.1108/LHTN-12-2014-0105
Graham, M. J., & Borgen, J. (2018). Google Classroom. In Google Tools Meets Middle School (pp. 23–36). https://doi.org/10.4135/9781506360188.n3
Gubernur Jawa Timur. Peningkatan Kewaspadaan terhadap Corona Virus Disease (Covid-19) di Jawa Timur. , Pub. L. No. 420/1780/101.1/2020 (2020).
Lucardie, D. (2014). The Impact of Fun and Enjoyment on Adult’s Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 142, 439–446. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.696
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19). , Pub. L. No. 36962/MPK.A/HK/2020, 1 (2020).
Naz, F., & Murad, H. S. (2017). Innovative Teaching Has a Positive Impact on the Performance of Diverse Students. SAGE Open, 7(4), 215824401773402. https://doi.org/10.1177/2158244017734022
Pratama, R. (2020). Kantor yang Tak Bisa WFH Harus Sediakan Transportasi untuk Karyawan. Retrieved June 8, 2020, from https://oto.detik.com/berita/d-5043656/kantor-yang-tak-bisa-wfh-harus-sediakan-transportasi-untuk-karyawan?device=desktop
Warju, Ariyanto, S. R., Soeryanto, Hidayatullah, R. S., & Nurtanto, M. (2020). Practical Learning Innovation : Real Condition Video-Based Direct Instruction Model in Vocational Education. Journal of Educational Science and Technology, 6(1), 79–91.
Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots pada Kompetensi Sistem Rem di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914
Worldometer. (2020). Coronavirus Updates. Retrieved from https://www.worldometers.info/
Yan mei, S., Yan Ju, S., & Adam, Z. (2018). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198. https://doi.org/10.2478/ejser-2018-0022
Zhao, F. (2019). Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37
Zoom. (2020). Plans and Pricing. Retrieved June 8, 2020, from https://zoom.us/pricing
Zoom Help Center. (2020). Meeting and Webinar Passwords. Retrieved June 8, 2020, from https://support.zoom.us/hc/en-us/articles/360033559832-Meeting-and-webinar-passwords

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles