ASPEK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DI INSTANSI KESEHATAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGUNTAPAN III

muchamad rifai, Yokas Siswan Winanto, Ulil Ma’rifah, Inaya Larang Asri, Rizqi Nur Anis Safitri, Nur Azmi

Abstract


Keselamatan dan kesehatan kerja di fasilitas pelayanan kesehatan merupakan salah satu upaya perlindungan terhadap tenaga kerja. Pada beberapa instansi kesehatan yang berada di wilayah kerja Puskesmas Banguntapan III, masih ditemukan beberapa permasalahan seperti penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam bekerja yang tidak lengkap serta tidak adanya media promosi keselamatan dan kesehatan kerja.  Masih kurangnya pengetahuan tentang pentingnya penerapan budaya keselamatan dan kesehatan kerja di beberapa instansi kesehatan membuat para pekerja tidak begitu memperhatikan aspek tersebut dan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja. Untuk menanggulangi hal tersebut dilakukan intervensi ke beberapa instansi kesehatan. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan pengetahuan pekerja tentang keselamatan dan kesehatan kerja di fasilitas pelayanan kesehatan, serta mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja. Metode yang digunakan yaitu pemberian  media promosi keselamatan dan kesehatan kerja berupa poster dan leaflet, serta penyuluhan yang dilaksanakan dari tanggal 29 Januari sampai 27 Februari 2020. Hasil dari kegiatan tersebut yaitu pekerja menerima poster untuk dipasang di dinding dan leaflet untuk mereka baca, dan selain  itu pekerja memiliki pengetahuan yang belum mereka ketahui sebelumnya tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dampak program ini adalah pekerja telah sadar menggunakan APD dengan lengkap ketika bekerja.


Keywords


Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fasyankes, dan Alat Pelindung Diri

Full Text:

PDF

References


Fridayanti, N., & Kusumasmoro, R. (2016). Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di PT Ferron Par Pharmaceuticals Bekasi. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1), 211–234.

Herlina, N., Adhani, R., & Heriyani, F. (2016). Gambaran Dan Permintaan Pasien Terhadap Fasyankes Gigi Di Puskesmas Kota Banjarmasin. Kedokteran Gigi, I(1), 75–82.

Inovasi, J., Somongari, D., Kaligesing, K., & Tengah, P. J. (2015). Operator Pembuat Gula Jawa Di Dusun Dungtileng. 4(1), 39–45.

Mongilala, W. F., Kawatu, P. A. T., & Korompis, G. E. C. (2018). Analisis Pelaksanaan Program Kesehatan Kerja Di Puskesmas Sonder Kabupaten Minahasa. Kesehatan Masyarakat, 7(5), 1–6.

Sipayung, R. T., Lubis, H. S., & Syahri, I. M. (2015). Hubungan Promosi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Perilaku Aman (Safe Behavior) Pada Karyawan Bagian Produksi Pengolahan Minyak Sawit Di Ptpn Iv Kebun Dolok Ilir. Lingkungan Dan Kesehatan Kerja, 3(3).

Suharmanti, A. (2011). Gambaran Pelaksanaan Promosi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Di P.T. Pupuk Kujang Cikampek. Program.

Wirawan, Susilo, Lalu, K.A, Ni Ketut, S. . (2014). Penyuluhan Dengan Media Audio Visual Dan Konvensional Terhadap Pengetahuan Ibu Anak Balita. KESMAS - Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 80–87.

Yolanda, R., Ferusgel, A., & Nuraini, N. (2018). Pengaruh Promosi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pemulung Di Tempat Pembuangan Akhir Medan Marelan. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 51.




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v4i1.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 muchamad rifai, Yokas Siswan Winanto, Ulil Ma’rifah, Inaya Larang Asri, Rizqi Nur Anis Safitri, Nur Azmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats