PERAN SERTA KADER DALAM PEMENUHAN KELENGKAPAN DAN KETEPATAN PENCATATAN DATA POSYANDU ANYELIR 1 DUSUN WONOCATUR, BANGUNTAPAN, BANTUL

Authors

  • Nur Syarianingsih Syam Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Nungky Angginia Ningrum Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Denda Sabrina Emily Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Nurul Liana Herianti Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Sofia Fitria Dewi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Rida Kurnia Hijriani Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.1995

Keywords:

Pengetahuan, Posyandu, Kader

Abstract

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mepercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan kader terhadap pentingnya kelengkapan dan ketepatan pencatatan data kegiatan posyandu. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah ceramah, simulasi dan tanya jawab. Sasaran pengabdian ini adalah kader Posyandu Anyelir 1 Dusun Wonocatur. Hasil diketahui kendala dalam melengkapi laporan data posyandu adalah pengetahuan dan usia kader. Dampak dari pengabdian ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan kader terkait kelengkapan dan ketepatan pencatatan, pendokumentasian dan pelaporan data kegiatan posyandu.

References

Ariyanti, C., Dharmawan, Y., & Mawarni, A. (2016). Hubungan Faktor Perilaku Dengan Kelengkapan Pengisian Data Kms Dalam Buku Kia Oleh Kader Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Sidorejo Lor Salatiga Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(4), 177-185.
Devi, W.S. (2014). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelengkapan Pencatatan Sistem Informasi Posyandu Di Kecamatan Panti Kabuaten Jember. Jember: Universitas Jember.
Kemenkes dan Pokjanal Posyandu Pusat. (2012). Kurikulum dan Modul Pelatihan Kader Posyandu. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes RI. (2011). Pedoman Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Kemeterian Kesehatan RI.
Lubis, Z., & Syahri, I.M. (2015). Pengetahuan dan Tindakan Kader Posyandu Dalam Pemantauan Pertumbuhan Anak Balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Kemas), 11(1), 65-73.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineke Cipta.
Nurayu, A.W. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan, Pendidikan, Usia dan Lama Menjadi Kader Posyandu dengan Kualitas Laporan Bulanan Data Kegiatan Posyandu. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurhidayah, I., Hidayati, N.O., & Nuraeni, A. (2019). Revitalisasi Posyandu melalui Pemberdayaan Kader. MKK, 2(2), 145-157.
Onthonie, H., Ismanto, A., & Onibala, F. (2015). Hubungan Peran Serta Kader Posyandu Dengan Status Gizi Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Manganitu Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2),106-264.
Pemkab Bantul. (2018). KABUPATEN BANTUL TAHUN 2018. Bantul: Pemkab Bantul.
Profita, A.C. (2018). Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Kader Posyandu Di Desa Pengadegan Kabupaten Banyumas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 68.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algendindo.
Susilowati, D. (2016). Promosi Kesehatan. Jakarta: BPPSDMK Kemeknkes RI.

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles