MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT DI DUSUN PRINGGOLAYAN DENGAN MENERAPKAN 5 PILAR STBM

Authors

  • Ahmad faizal rangkuti Universitas Ahmad Dahlan
  • Bella Viaril Karimah Universitas Ahmad Dahlan
  • Dandi Aninda Putri Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i1.1992

Keywords:

Pelatihan, 5 pilar STBM, dusun, sehat

Abstract

Permasalahan kesehatan dipengaruhi oleh banyak hal, baik yang bersifat internal (dari dalam diri manusia) maupun yang bersifat eksternal (dari luar diri manusia). Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yaitu melalui program nasional sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Menurut Permenkes RI No. 3 Tahun 2014 menjelaskan bahwa STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku hygienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Kegiatan pengabdian didahului dengan komunikasi dan sosialisasi rencana kegiatan. Pengambilan data masyarakat untuk mengetahui gambaran umum terkait permasalahan kesehatan lingkungan yang ada di Dusun Pringgolayan khususnya di RT 01, 02 dan 13 dengan metode survei dan observasi lapangan dari rumah ke rumah untuk mendapatkan data dengan panduan kuesioner lembar cheklist. Data yang sudah diperoleh  kemudian diolah menjadi bahan untuk penyuluhan dan pelatihan. Warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05), artinya ada peningkatan pengetahuan yang bermakna antara sebelum (77%) dan sesudah (91%) diberikan penyuluhan. Warga Dusun Pringgolayan dapat memahami dengan baik pentingnya STBM.

References

Depkes RI, (2009), Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta.
Kemenkes RI, (2013), Rodmap Percepatan Program STBM 2013-2015. Jakarta.
Kemenkes RI, (2014), Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 3 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Jakarta.
Kementerian Kesehatan RI, (2016), Roadmap STBM. Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI.
Kusumawardani, A., Syahati, A.A., Puspaningtyas, S.I., Rusmanto, A.A., Kusuma, L.S.A., Septianingrum, (2017), Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Mencuci Tangan Yang Benar Pada Siswa Kelas 1 Dan 2 Di SDN 2 Karanglo, Klaten Selatan, Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Tradisional, Vol. 2, No. 1, Hal.44-50.
Kusumawardhani, E. , (2012), Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Ibu Dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue pada Anak, Jurnal Media Medika Muda, Vol. 53(No. 9), p. Hal. 1689-1699.
Marwanto, A., (2019), Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap dengan Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Pilar Pertama di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Ratu Agung Kelurahan Pematang Gubernur Kota Bengkulu, Jurnal Nursing Public Health, Vol. 7 (No. 1), p. Hal. 1-6.
Notoatmodjo, S., (2005), Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Pamsimas, (2009), Filed Book Strategi dan Langkah Pemicuan Masyarakat Dalam Program Pamsimas. Jakarta: Pamsimas.
Sahil, J., Al Muhdar, M.H.I., Rohman F., Syamsuri,I., (2016), Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate, Jurnal Sanitasi Lingkungan, Vol. 4, No. 2, Hal. 478-487.

Downloads

Published

2020-05-10

Issue

Section

Articles