EDUKASI MENGENAI STRATEGI PENGEMASAN PRODUK DAN PROSEDUR PEMBERIAN SP-IRTP BAGI UMKM DI DESA CIMARA KABUPATEN KUNINGAN

Authors

  • agi syarif hidayat Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Kartono Kartono Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i1.1889

Keywords:

kemasan, UMKM, SPP-IRT

Abstract

UMKM memiliki kontribusi yang besar untuk perekonomian negara Indonesia, akan tetapi UMKM masih memiliki kelemahan. Berdasarkan analisis situasi pada UMKM di desa Cimara diketahui bahwa mayoritas UMKM belum memiliki kemasan yang berkualitas serta tidak memiliki SPP-IRT, permasalahan tersebut diduga karena masih kurangnya kesadaran pelaku UMKM mengenai pentingnya kemasan yang berkualitas dan SPP-IRT. Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan informasi mengenai strategi pengemasan produk yang baik serta prosedur pengurusan SPP-IRT. Kegiatan PKM dilaksanakan di Desa Cimara, Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan pada tanggal 12 Februari 2020. Metode pemberdayaan yang digunakan adalah ceramah. Jumlah peserta yang hadir 25 orang. Setelah mengikuti kegiatan ini peserta mendapatkan informasi mengenai strategi pengemasan produk yang baik serta informasi mengenai tahapan dan persyaratan mendapatkan SPP-IRT. Saran untuk kegiatan pengabdian selanjutnya adalah melakukan pendataan UMKM yang memiliki potensi bisnis yang baik, selanjutnya melakukan pendampingan secara intensif mengenai perbaikan kemasan serta melaksanakan pengurusan SPP-IRT secara kolektif di desa Cimara dengan melakukan kerja sama antara pihak UMKM, aparat desa Cimara, Akademisi serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan.

Author Biographies

agi syarif hidayat, Universitas Swadaya Gunung Jati

Dosen Program Studi Manajemen

Kartono Kartono, Universitas Swadaya Gunung Jati

Dosen Program Studi Manajemen

References

BPOM., (2018), Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga.
Hidayat, A. S., Kartono, K., Mardiyani, M., & Lisara, I. (2019). Meningkatkan Daya Saing UMKM Kicimpring melalui Program “Melek UMKM.” ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 25–32.
Kotler dan Amstrong., (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 2 (Edisi Ke-8). Jakarta: Erlangga.
Primasari, I. A. (2017). Pemberdayaan masyarakat Dusun Gumawang melalui pendampingan ijin P-IRT. Jurnal Pemberdayaan, 1(2), 125–130.
Susanto. (2008). Pengaruh Label Kemasan Pangan Terhadap Keputusan Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Membeli Makanan Ringan Di Kota Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2020-05-10

Issue

Section

Articles