PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN PENDAMPING ASI DI DESA DADAPAYU KECAMATAN SEMANU GUNUNGKIDUL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i1.1871

Keywords:

MP-ASI, penyuluhan, pelatihan

Abstract

 

MP-ASI merupakan makanan terbaik dan utama karena mempunyai kandungan zat gizi yang sangat diperlukan untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit terutama penyakit infeksi dan pencegahan dalam kekurangan gizi pada bayi usia 6 bulan sampai 24 bulan. Tujuan pemberian penyuluhan dan pelatihan tentang MP-ASI yaitu untuk meningkatkan tingkat pengetahuan masyarakat terkait pentingnya pemberian MP-ASI.  Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan secara langsung kepada ibu-ibu dengan pemberian pengetahuan dan praktik pembuatan makanan pendamping ASI (MP-ASI) secara langsung. Hasil yang diperoleh adalah kegiatan penyuluhan dan pelatihan berjalan dengan baik dan peserta aktif mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan sampai selesai. Penyuluhan dan pelatihan dilakukan dengan interaktif antara narasumber dengan peserta pelatihan. 

Author Biography

Suci Musvita Ayu, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan

Kesehatan Reproduksi

References

Depkes RI. (2016) Pedoman Umum Pemberian Makanan Pendampign Air Susu Ibu (MP-ASI). Jakarta: Depkes RI; 2006
Gibson, RS,. Ferguson, EL., & Leherfeld, J. (2008) Complementary Food For Infant Feeding In Developing Countries : Their Nutrient Adequacy and Improvement. European Journal of Clinical Nutrition ; 421-429.
Manikyamba, D., Vidya,D.,K. Deepthi, K.T. (2015). impact of Nutritional Education on the Knowledge of mother's regarding infant and young child feeding practices. schoolars Journal of Applied Medical Sciences (SJMAMS) 3(34):1074-1078. ISSN 2347-954X

Downloads

Published

2020-05-10

Issue

Section

Articles