ANALISIS DAMPAK PELATIHAN MICROCONTROLLER BERBASIS ARDUINO DI SMA PERGURUAN BUDDHI

Jacob Febryadi Nithanel Dethan, Benny Daniawan, Rino Rino, Susanto Hariyanto, Ardie Wijaya, Ramona Safitri, Desiyanna Lasut, Rudy Arijanto, Fennita Fennita

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini yang telah mencapai era industri 4.0 mendorong terjadinya perubahan gaya hidup manusia yang lebih tergantung dengan teknologi. Untuk itu, siswa SMA harus diberikan pemahaman terkait perkembangan teknologi. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengadakan pelatihan terkait sistem otomasi yang dalam hal ini dapat diajarkan menggunakan microcontroller Arduino. Dalam pelatihan yang telah diselenggarakan, kami melihat minat besar yang muncul dari peserta pelatihan yang dapat dinilai dari hasil pengisian kuesioner yang diberikan ke peserta. Dari maksimum 152 responden, 61,6% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini menarik dan 30,5% menjawab sangat menarik. Kemudian, 57,9% responden menjawab pelatihan ini bermanfaat dan 40,1% menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat. Selain itu, kami juga mengadakan survei terpisah untuk melihat minat siswa dari jurusan IPS dan secara mengejutkan kami temukan bahwa 65,3% siswa IPS menyatakan bahwa pelatihan ini menarik dan 29,2% menyatakan sangat menarik. Mayoritas siswa IPS juga menjawab bahwa pelatihan ini bermanfaat (58,3%) dan sangat bermanfaat (40,3%). Sehingga, kami menemukan adanya peningkatan minat siswa untuk mempejari sistem otomasi secara signifikan karena 90,7% dari total peserta belum pernah mempelajari Arduino sebelumnya.


Keywords


microcontroller; Arduino; sistem otomasi; siswa

Full Text:

PDF

References


BOULOGNE, F. 2019. Cheap and versatile humidity regulator for environmentally controlled experiments. The European Physical Journal E, 42, 51.

MARTÍN-RAMOS, P., LOPES, M. J., DA SILVA, M. M. L., GOMES, P. E., DA SILVA, P. S. P., DOMINGUES, J. P. & SILVA, M. R. 2018. Reprint of ‘First exposure to Arduino through peer-coaching: Impact on students' attitudes towards programming’. Computers in Human Behavior, 80, 420-427.

SAI, D. Y. V., KIRAN, C. S., SAMSON, B., KUMAR, B. S. & RAJU, C. G. 2019. IoT Based Environment Monitoring by Using Arduino.

SHRUTHI, K. & AKHIL, G. 2019. Arduino-Based Smart Street Lamp Control System to Save Energy and Improve Lamp Life. Innovations in Electronics and Communication Engineering. Springer.

WONG, W.-K., GUO, B.-S., CHAO, T.-K., WU, C.-J. & LIEN, Y.-W. 2018. A Study of High School Students Doing Physics Experiments with Arduino and Other Data-Logging Devices. Innovations in Open and Flexible Education. Springer.




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.1281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jacob Febryadi Nithanel Dethan, Benny Daniawan, Rino Rino, Susanto Hariyanto, Ardie Wijaya, Ramona Safitri, Desiyanna Lasut, Rudy Arijanto, Fennita Fennita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats