ANALISIS DAMPAK PELATIHAN MICROCONTROLLER BERBASIS ARDUINO DI SMA PERGURUAN BUDDHI
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.1281Keywords:
microcontroller, Arduino, sistem otomasi, siswaAbstract
Perkembangan teknologi saat ini yang telah mencapai era industri 4.0 mendorong terjadinya perubahan gaya hidup manusia yang lebih tergantung dengan teknologi. Untuk itu, siswa SMA harus diberikan pemahaman terkait perkembangan teknologi. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengadakan pelatihan terkait sistem otomasi yang dalam hal ini dapat diajarkan menggunakan microcontroller Arduino. Dalam pelatihan yang telah diselenggarakan, kami melihat minat besar yang muncul dari peserta pelatihan yang dapat dinilai dari hasil pengisian kuesioner yang diberikan ke peserta. Dari maksimum 152 responden, 61,6% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini menarik dan 30,5% menjawab sangat menarik. Kemudian, 57,9% responden menjawab pelatihan ini bermanfaat dan 40,1% menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat. Selain itu, kami juga mengadakan survei terpisah untuk melihat minat siswa dari jurusan IPS dan secara mengejutkan kami temukan bahwa 65,3% siswa IPS menyatakan bahwa pelatihan ini menarik dan 29,2% menyatakan sangat menarik. Mayoritas siswa IPS juga menjawab bahwa pelatihan ini bermanfaat (58,3%) dan sangat bermanfaat (40,3%). Sehingga, kami menemukan adanya peningkatan minat siswa untuk mempejari sistem otomasi secara signifikan karena 90,7% dari total peserta belum pernah mempelajari Arduino sebelumnya.
References
MARTÃN-RAMOS, P., LOPES, M. J., DA SILVA, M. M. L., GOMES, P. E., DA SILVA, P. S. P., DOMINGUES, J. P. & SILVA, M. R. 2018. Reprint of ‘First exposure to Arduino through peer-coaching: Impact on students' attitudes towards programming’. Computers in Human Behavior, 80, 420-427.
SAI, D. Y. V., KIRAN, C. S., SAMSON, B., KUMAR, B. S. & RAJU, C. G. 2019. IoT Based Environment Monitoring by Using Arduino.
SHRUTHI, K. & AKHIL, G. 2019. Arduino-Based Smart Street Lamp Control System to Save Energy and Improve Lamp Life. Innovations in Electronics and Communication Engineering. Springer.
WONG, W.-K., GUO, B.-S., CHAO, T.-K., WU, C.-J. & LIEN, Y.-W. 2018. A Study of High School Students Doing Physics Experiments with Arduino and Other Data-Logging Devices. Innovations in Open and Flexible Education. Springer.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.