PENDAMPINGAN MERANCANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN PUBLIKASI KEPADA GURU-GURU SD DI DESA SAKATIGA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.1270Abstract
Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) merupakan penelitian yang dapat dilakukan guru dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa sangat penting bagi guru untuk melakukan PTK. Peningkatan jenjang jabatan dan golongan bagi para guru memerlukan beberapa karya ilmiah yang dipublikasikan. Karya ilmiah dapat dihasilkan dari kegiatan PTK, oleh sebab itu perlu adanya tambahan wawasan bagi para guru bagaimana menuangkan hasil PTK ke dalam makalah ilmiah. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan akan pentingnya PTK dalam proses pembelajaran dan membantu para guru dalam menulis serta mempublikasikan hasil PTK pada jurnal nasional. Diharapkan dari kegiatan ini, para guru dapat melakukan PTK dan menulis makalah ilmiah dari hasil PTK yang sesuai metode ilmiah. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap pelaksanaan dan tahap pendampingan. Tahap pelaksanaan meliputi penyampaian materi PTK dan Penulisan ilmiah. Berdasarkan hasil kuesioner diketahui bahwa terdapat peningkatan  mengenai pemahaman konsep PTK dan publikasi ilmiah antara sebelum penyampaian materi dan sesudah penyampaian materi. Tahap yang kedua adalah tahap pendampingan. Pada tahap ini dilakukan pendampingan penulisan dalam bentuk review draf artikel.
References
Siswani, M,D.,Suwarno. (2016). PTK dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SDN Kalisube Banyumas. KHAZANAH PENDIDIKAN Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. IX, No. 2.
Supriyanto, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Pedagogi Vol. 1 No.1. 2017:1-7
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.