PENDAMPINGAN MERANCANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN PUBLIKASI KEPADA GURU-GURU SD DI DESA SAKATIGA

Novi Rustiana Dewi, Evi Yuliza, Alfensi Faruk, Ning Eliyati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) merupakan penelitian yang dapat dilakukan guru dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa sangat penting bagi guru untuk melakukan PTK. Peningkatan jenjang jabatan dan golongan bagi para guru memerlukan beberapa karya ilmiah yang dipublikasikan. Karya ilmiah dapat dihasilkan dari kegiatan PTK, oleh sebab itu perlu adanya tambahan wawasan bagi para guru bagaimana menuangkan hasil PTK ke dalam makalah ilmiah. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan akan pentingnya PTK dalam proses pembelajaran dan membantu para guru dalam menulis serta mempublikasikan hasil PTK pada jurnal nasional. Diharapkan dari kegiatan ini, para guru dapat melakukan PTK dan menulis makalah ilmiah dari hasil PTK yang sesuai metode ilmiah. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap pelaksanaan dan tahap pendampingan. Tahap pelaksanaan meliputi penyampaian materi PTK dan Penulisan ilmiah. Berdasarkan hasil kuesioner diketahui bahwa terdapat peningkatan  mengenai pemahaman konsep PTK dan publikasi ilmiah antara sebelum penyampaian materi dan sesudah penyampaian materi. Tahap yang kedua adalah tahap pendampingan. Pada tahap ini dilakukan pendampingan penulisan dalam bentuk review draf artikel.


Full Text:

PDF

References


Hunaepi, Prayogi,S., Samsuri,T., Firdaus, L., Fitriani, H., Asy’ari, M. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru di MTs.NW Mertaknao. Lumbung Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.1 No.1.

Siswani, M,D.,Suwarno. (2016). PTK dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SDN Kalisube Banyumas. KHAZANAH PENDIDIKAN Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. IX, No. 2.

Supriyanto, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Pedagogi Vol. 1 No.1. 2017:1-7




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.1270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats