PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN FAHAM RADIKALISME DI KALANGAN PELAJAR SMA SE KABUPATEN KARANGANYAR

Authors

  • Danuri Danuri UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
  • Kintoko Kintoko UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.1261

Keywords:

Prevention and the Treatment, Radicalism, High School Student

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang benar tentang faham radikalisme dan memaksimalkan sosialilasi pencegahan, pembinaan dan pedampingan tentang faham radikalisme dikalangn pelajar SMA se kabupaten Karanganyar. Metode yang digunakan berupa sosialisasi dan pembinaan. Pembinaan dan pembinaan dilaksanakan  dengan sistem kelas dengan metode diskusi interaktif menggunakan teknik presentasi. Sosialisasi yang diberikan adalah bentuk pencegahan dan penanggulangan faham radikalisme melalui modul yang telah disusun bersama dengan Polres, Kodim, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat di Karanganyar. Hasil dari pengabdian ini adalah adanya kesamaan tekad dari seluruh pelajar sekaranganya yang diwakili oleh masing-masing osis bahwa radikalisme penting untung dikaji lebih jauh lagi. Kemudian bersama-sama seluruh elemn masyarakat untuk memberantas adanya terorisme di wilayah Karangnayar. Dampak dari kegiatan ini adalah dalam rangka pencegahan, pembinaan dan pedampingan tentang faham radikalisme sehingga meningkatnya pemahaman yang benar dan dapat menjauhi gerakan radikal dikalangan pelajar SMA se Kabupaten Karanganyar.

 

Kata Kunci: Pencegahan dan Penanggulangan, Radikalisme, Pelajar SMA

ABSTRACT

 

The purpose of this community service is to provide the proper perceptivity on the ideology of radicalism and maximized the socialization of the prevention,  coaching and mentoring about the ideology of radicalism of high school students in Karanganyar District. The method was socialization and coaching. The coaching was carried out in a class based learning which employed interactive discussion using presentation technique. The given socialization was a form of prevention and treatment to encounter radicalism through a module which was collaboratively constructed by district police office (POLRES), military district commander (KODIM), religious leaders, and community leaders in Karanganyar. The result of this dedication was there is a common determination of all students now represented by each student body that radicalism is important to be further studied. In addition, together with all elements of society to eradicate terrorism in Karangnayar. The impact of this activity is in the context of preventing, fostering and assisting in the understanding of radicalism as well as to increase the correct understanding and be able to avoid radical movements among high school students throughout Karanganyar.

 

Keywords: Prevention and the Treatment, Radicalism, High School Student

Author Biography

Danuri Danuri, UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

Fakultas Keguruan dan ILmu Pendidikan

References

Afadlal,dkk. (2005), Islam dan Radikalisme di Indonesia. Lipi Press:Jakarta
Amstrong, Karen, (2005) Perang Suci: Dari Perang Salib hingga Perang Teluk. Jakarta: Serambi,.
Djamhari, Saleh A., (2014) Strategi Menjinakkan Dipenogoro: Stelsel Benteng Jakarta: Komunitas Bambu,.
Iskandar, Mohammad, (2011).Para Pengemban Amanah: Pergulatan Pemikiran Para Kyai dan Ulama di Jawa Barat. Yogyakarta: Mata Bangsa,
Karim, Adiwarman, (20012), Ekonomi Mikro Islam,IIIT Indonesia:Jakarta
Klandermans, Bert, (2016) Protes Dalam Kajian Psikologi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,.

Downloads

Published

2019-12-07

Issue

Section

Articles