PENGENALAN SOFTWARE MINITAB KEPADA GURU-GURU DI WILAYAH GUGUS II INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN

Authors

  • Eka Susanti Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Indrawati Indrawati Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Oki Dwipurwani Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Robinson Sitepu Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Dian Cahyawati Universitas Sriwijaya, Palembang

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.1224

Keywords:

analisis data, Minitab, khalayak

Abstract

Pengolahan data dapat dilakukan dengan perhitungan manual ataupun menggunakan alat bantu aplikasi software pengolah data. Salah satu software untuk mengolah data statistik yang dapat digunakan adalah software Minitab. Pengenalan software Minitab kepada kalangan guru dilaksanakan dengan dua tahap, yaitu tahap pelatihan dan tahap pendampingan. Tahap pertama bertujuan untuk memperkenalkan software minitab 17 sebagai alat bantu pengolahan data dan diharapkan agar para guru yang menjadi khalayak dapat memperluas pengetahuan dan meningkatkan motivasi untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan data. Tahap kedua bertujuan untuk membantu para guru agar lebih mampu menganalisis data hasil penelitian yang telah dilakukan dan menambah motivasi mereka untuk membuat publikasi hasil penelitiannya.  Berdasarkan pengamatan selama pelaksanaan tahap pertama berkaitan dengan bagaimana merumuskan hipotesis, mengolah data dengan aplikasi Minitab, dan menganalisis luarannya menunjukkan bahwa peserta sudah dapat mengenal dan menggunakan software Minitab.  Meskipun demikian, masih perlu diberikan pelatihan lanjutan agar peserta dapat lebih memahami penggunaan Minitab dan menginterpretasikan luarannya.. Berdasarkan hasil pemberian kuesioner, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian pengenalan software Minitab 17 telah memberikan manfaat kepada peserta dan berdampak terhadap penambahan wawasan dan motivasi peserta untuk melakukan penelitian.

References

Aedi, N. (2010). Instrumen Penelitian dan Pengumpulan Data: Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Triyanto. (2009). Pengenalan Minitab. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Downloads

Published

2020-12-14

Issue

Section

Articles