UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN EKONOMI KELUARGA MELALUI PEMBUATAN SYRUP KUNYIT ASAM SERTA PERIJINAN USAHANYA

Authors

  • Asep Abdul Rahman Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Nur Aji Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Irvan Herdiana Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.1202

Keywords:

Perizinan usaha, Masyarakat Kelurahan Kahuripan, Sirup Kunyit Asam

Abstract

Memasuki era globalisasi, kesenjangan taraf kesejahteraan merupakan hal yang utama harus dicegah, karena kesempatan yang muncul dari ekonomi terbuka hanya dapat dimanfaatkan oleh wilayah, sektor atau golongan yang lebih maju. Berdasarkan permasalahan yang ada pada tahun sebelumnya, maka pada tahun 2019 akan dibuat minuman siap saji berupa sirup kunyit asam. Hal ini untuk menjawab permasalahan dari pengabmas yang dilakukan pada tahun 2017. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat melalui transfer ilmu melalui penyuluhan serta demonstrasi. Khalayak sasaran dari Program Pengabdian Masyarakat adalah Masyarakat Kelurahan Kahuripan, yang merupakan masyarakat tidak produktif secara ekonomis. Pada hakekatnya, kegiatan ini solusi terhadap permasalahan yang dihadapi mitra melalui pendekatan secara terpadu, agar dapat meningkatkan taraf perekenomian masyarakat. Dari hasil kegiatan inidi Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya periode tahun 2019 telah berhasil dilaksanakan dengan luaran: tingkat pengetahuan mayarakat bertambah dalam hal pembuatan produk kunyit asam, tata cara permohonan ijin Pangan Industri Rumah Tangga dan Izin Usaha Mikro Kecil. Selain itu masyarakat dapat membuat produk sirup kunyit asam yang dapat diterima oleh konsumen.

Author Biographies

Asep Abdul Rahman, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

Dosen di Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

Nur Aji, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

Dosen di Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

Irvan Herdiana, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

Dosen di Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

References

Arfianto, A. E. W., & Balahmar, A. R. U. (2016). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Ekonomi Desa. JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), 2(1), 53-66.

Kharat, M., Du, Z., Zhang, G., & McClements, D. J. (2017). Physical and chemical stability of curcumin in aqueous solutions and emulsions: Impact of pH, temperature, and molecular environment. Journal of agricultural and food chemistry, 65(8), 1525-1532.

Kiso, Y., Suzuki, Y., Watanabe, N., Oshima, Y., & Hikino, H. (1983). Antihepatotoxic principles of Curcuma longa rhizomes. Planta medica, 49(11), 185-187.

Kuswandi, A., Rahman, A. A., Yulia, N., (2019). Pembuatan Masker Peel-Off Kunyit Upaya Kemandirian Ekonomi Keluarga Di Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera (EMaSS) : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 11-15.

Masuda, T., Isobe, J., Jitoe, A., & Nakatani, N. (1992). Antioxidative curcuminoids from rhizomes of Curcuma xanthorrhiza. Phytochemistry, 31(10), 3645-3647.

Mulyani, S., Harsojuwono, B. A., & Puspawati, G. A. K. D. (2014). Potensi Minuman Kunyit Asam (Curcuma domestica Val.-Tamarindus indica L.) sebagai Minuman Kaya Antioksidan. Agritech, 34(1), 65-71.

Rahman, A. A., Yulia, N., Kosasih, E. D. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Kunyit Dalam Peningkatan Status Kesehatan Dan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Kelurahan Kahuripan Kota Tasikmalaya, JCES FKIP UMMat, 1(1), 82-88.

Downloads

Published

2019-12-07

Issue

Section

Articles