PELATIHAN PEMBUATAN ES KRIM HERBAL DAN INOVASI KEMASAN PRODUK JAMU DI DUSUN KIRINGAN-JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA

Authors

  • Retno Widyowati Department of Pharmacognosy and Phytochemistry, Faculty of Pharmacy, Universitas Airlangga http://orcid.org/0000-0003-0572-7551
  • Wiwied Ekasari Department of Pharmacognosy and Phytochemistry, Faculty of Pharmacy, Universitas Airlangga
  • Neny Purwitasari Department of Pharmacognosy and Phytochemistry, Faculty of Pharmacy, Universitas Airlangga
  • Aty Widyawaruyanti Department of Pharmacognosy and Phytochemistry, Faculty of Pharmacy, Universitas Airlangga
  • Sukardiman Sukardiman Department of Pharmacognosy and Phytochemistry, Faculty of Pharmacy, Universitas Airlangga
  • Iis Wahyuningsih Fakultas Farmasi, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i1.1200

Keywords:

es krim herbal, inovasi kemasan, rosela, beras kencur, kunir asem

Abstract

Dusun Kiringan-Jetis, Bantul, merupakan desa wisata jamu gendong dengan penduduk mayoritas berprofesi sebagai pengrajin jamu. Jamu yang mereka jual secara turun-temurun terbatas dalam bentuk jadi dan setengah jadi. Perlu adanya peningkatan diversifikasi produk jamu untuk meningkatkan nilai jualnya. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan usaha dalam meningkatkan kualitas dan mengembangkan produk jamu yang akan dijual. Untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan dari kegiatan ini maka dilakukan upaya: (1) Edukasi dan pelatihan ketrampilan membuat es krim herbal dan (2) edukasi dan pelatihan ketrampilan membuat inovasi kemasan produk jamu yang aman dan menarik.Tim pelaksana kegiatan ini terdiri dari dosen dan mahasiswa S1 Fakultas Farmasi Universitas Airlangga dan Universitas Ahmad Dahlan. Dari kegiatan tersebut terlihat antusias para peserta pelatihan, peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam pembuatan es krim herbal dan inovasi kemasan produk. Hal ini terlihat dari peningkatan skor post-testsetelah dilakukan pelatihan.Besar harapan para peserta kegiatan untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat sehingga dapat meningkatan perekonomian Dusun Kiringan-Jetis, Yogyakarta

Author Biography

Retno Widyowati, Department of Pharmacognosy and Phytochemistry, Faculty of Pharmacy, Universitas Airlangga

Department of Pharmacognosy and Phytochemistry, Faculty of Pharmacy

References

Penny R., Nahiyah J.F., dan Gunarti, (2014), Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Jamu Gendong di Dusun Kiringan, Canden, Jetis Kabupaten Bantul, Artikel PPM.
Dwi P., (2016), Desa Wisata Jamu Gendongan Kiringan, https://dwipracaya.wordpress.com
Widiyastuti L., Wahyuningsih, I., (2018), Pemberdayaan perempuan dalam pengolahan empon-empon menjadi minuman kesehatan di Dusun Glagah, Desa Nglegi, Patuk, Gunung kidul, Prosiding seminar nasional hasil pengabdian kepada masyarakat (SNIEMAS), ISBN 978-602-0737-07-2, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Retno W., (2017), Peningkatan Kualitas Jamu Melalui Edukasi Pembuatan Jamu Yang Benar, Pembuatan Bahan SPA, Pengenalan DA-GU-SI-BU Serta Pemeriksaan Kesehatan Di Dusun Kiringan, Desa Canden, Kec. Jetis, Kab. Bantul, Yogyakarta Laporan Akhir Pengabdian Masyarakat Universitas Airlangga.
Retno W., Idha K., Wiwied E., Neny P., (2018), Pengembangan Produksi Jamu dan Bahan SPA bagi Penjual Jamu Gendong dan Simplisia di Bantul, Yogyakarta, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , Vol. 2 (4), 346–349.

Downloads

Published

2020-05-10

Issue

Section

Articles