EDUKASI PERENCANAAN KARIR BAGI SISWA-SISWI SMA DI KECAMATAN LIMO, DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.1193Keywords:
Karir, Perencanaan karir, Siswa SMAAbstract
Kegiatan Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah yang terjadi pada karyawan terutama yang baru masuk kedalam dunia kerja. Mereka kebingungan dalam menentukan jenjang karir mereka. Akibatnya sering ditemukan mereka bekerja pada posisi yang tidak diminati yang membuat karir mereka terhenti. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja dan kepuasan kerja mereka sehingga dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi SMA mengenai pentingnya perencanaan karir sejak dini. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah siswa-siswi SMA kelas X di Kecamatan Limo, Depok. Kegiatan ini dilakukan dalam dua kali pertemuan. Dalam kegiatan ini digunakan beberapa metode antara lain metode ceramah, metode diskusi dan tanya jawab, serta praktik perencanaan karir hingga pembuatan peta karir. Peserta juga diminta untuk memaparkan hasil perencanaan karir mereka. Evaluasi terhadap 77 siswa secara umum menunjukkan peningkatan pengetahuan mengenai pemahaman diri, persiapan diri, pengenalan dunia kerja, dan perencanaan masa depan.Â
References
Antariksa. Yodhia. (2017). Kenapa 63% Sarjana Di Indonesia Bekerja Tidak Sesuai Dengan Jurusannya?. Diakses dari Http://Strategimanajemen.Net/2017/09/04/Kenapa-65-Persen-Sarjana-Di-Indonesia-Bekerja-Tidak-Sesuai-Dengan-Jurusannya/.
Dariyo. A. (2004). Perencanaan Dan Pemilihan Karir Sebagai Seorang Guru/Dosen Pada Dewasa Muda. Jurnal Provitae No. 1
Hadini, I dan Puspitasari, D. (2012). Strategi pembelajaran terpadu: Teori, konsep, dan implementasi.Yogyakarta: Familia
Harahap. R.F. (2014). Duh, 87% Mahasiswa Indonesia Salah Jurusan !. Diakses dari Https://News.Okezone.Com/Read/2014/02/24/373/945961/Duh-87-Mahasiswa-Indonesia-Salah-Jurusan.
Kristiadi. (2018). 73 Persen Karyawan Tidak Buat Dengan Pekerjaannya. Diakses dari Http://Humancapitaljournal.Com/73-Karyawan-Tidak-Puas-Dengan-Pekerjaan-Mereka/ .
Mardiana. Citra F. (2017). 63% Orang Indonesia Bekerja Tak Sesuai Jurusan. Diakses dari Https://Finance.Detik.Com/Berita-Ekonomi-Bisnis/3620313/63-Orang-Indonesia-Bekerja-Tak-Sesuai-Jurusan .
Murwanti. Katarina., Uliyanti. Endang., Sabri. Tahmid. (2014) Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 3 No 9
Nugraha. A.R.dkk. (2018). Pelatihan Pengelolaan Informasi Yang Memiliki Nilai Berita Bagi Aparatur Sipil Negara Kabupaten Pangandaran Tahun 2016. Jurnal Mitra. Vol 2.No.1
Ozora. D. (2016). Potret Perencanaan Karir Pada Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa Di Sebuah Perguruan Tinggi Di Jawa Tengah). Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank. Hal 623-632
Papuloza. Z (2014). The Significance of Vision and Mission Development for Enterprises in Slovak Republic. Journal of Economics, Business and Management, Vol. 2, No. 1, February 2014
Ramadhani, M. (2013). Analisis Pengaruh Keseimbangan Kehidupan-Kerja Terhadap kesuksesan karir. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1(2).
Shokley, K., Heather, U., Ozgun, B., Laura F., & Timothy, R. (2015). Development of a new scale to measure subjective career success: A mixed-methods study. Journal of Organizational Behavior
Suhardono.Rene.(2010). Your Job Is Not Your Career. Literati Book. Indonesia. Hal 60
Zulkaida.Anita Et Al (2007). Pengaruh locus of control dan efikasi diri terhadap kematang karir siswa SMA. Proceeding PESAT . Vol 2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.