EDUKASI PERENCANAAN KARIR BAGI SISWA-SISWI SMA DI KECAMATAN LIMO, DEPOK

Authors

  • Alnisa Min Fadlillah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Dienni Ruhjatini Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.1193

Keywords:

Karir, Perencanaan karir, Siswa SMA

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah yang terjadi pada karyawan terutama yang baru masuk kedalam dunia kerja. Mereka kebingungan dalam menentukan jenjang karir mereka. Akibatnya sering ditemukan mereka bekerja pada posisi yang tidak diminati yang membuat karir mereka terhenti. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja dan kepuasan kerja mereka sehingga dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi SMA mengenai pentingnya perencanaan karir sejak dini. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah siswa-siswi SMA kelas X di Kecamatan Limo, Depok. Kegiatan ini dilakukan dalam dua kali pertemuan. Dalam kegiatan ini digunakan beberapa metode antara lain metode ceramah, metode diskusi dan tanya jawab, serta praktik perencanaan karir hingga pembuatan peta karir. Peserta juga diminta untuk memaparkan hasil perencanaan karir mereka. Evaluasi terhadap 77 siswa secara umum menunjukkan peningkatan pengetahuan mengenai pemahaman diri, persiapan diri, pengenalan dunia kerja, dan perencanaan masa depan. 

References

Adiputra. Sofwan. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling Volume 1 No. 1, Januari 2015 Hlm. 45-56.
Antariksa. Yodhia. (2017). Kenapa 63% Sarjana Di Indonesia Bekerja Tidak Sesuai Dengan Jurusannya?. Diakses dari Http://Strategimanajemen.Net/2017/09/04/Kenapa-65-Persen-Sarjana-Di-Indonesia-Bekerja-Tidak-Sesuai-Dengan-Jurusannya/.
Dariyo. A. (2004). Perencanaan Dan Pemilihan Karir Sebagai Seorang Guru/Dosen Pada Dewasa Muda. Jurnal Provitae No. 1
Hadini, I dan Puspitasari, D. (2012). Strategi pembelajaran terpadu: Teori, konsep, dan implementasi.Yogyakarta: Familia
Harahap. R.F. (2014). Duh, 87% Mahasiswa Indonesia Salah Jurusan !. Diakses dari Https://News.Okezone.Com/Read/2014/02/24/373/945961/Duh-87-Mahasiswa-Indonesia-Salah-Jurusan.
Kristiadi. (2018). 73 Persen Karyawan Tidak Buat Dengan Pekerjaannya. Diakses dari Http://Humancapitaljournal.Com/73-Karyawan-Tidak-Puas-Dengan-Pekerjaan-Mereka/ .
Mardiana. Citra F. (2017). 63% Orang Indonesia Bekerja Tak Sesuai Jurusan. Diakses dari Https://Finance.Detik.Com/Berita-Ekonomi-Bisnis/3620313/63-Orang-Indonesia-Bekerja-Tak-Sesuai-Jurusan .
Murwanti. Katarina., Uliyanti. Endang., Sabri. Tahmid. (2014) Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 3 No 9

Nugraha. A.R.dkk. (2018). Pelatihan Pengelolaan Informasi Yang Memiliki Nilai Berita Bagi Aparatur Sipil Negara Kabupaten Pangandaran Tahun 2016. Jurnal Mitra. Vol 2.No.1
Ozora. D. (2016). Potret Perencanaan Karir Pada Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa Di Sebuah Perguruan Tinggi Di Jawa Tengah). Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank. Hal 623-632
Papuloza. Z (2014). The Significance of Vision and Mission Development for Enterprises in Slovak Republic. Journal of Economics, Business and Management, Vol. 2, No. 1, February 2014
Ramadhani, M. (2013). Analisis Pengaruh Keseimbangan Kehidupan-Kerja Terhadap kesuksesan karir. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1(2).
Shokley, K., Heather, U., Ozgun, B., Laura F., & Timothy, R. (2015). Development of a new scale to measure subjective career success: A mixed-methods study. Journal of Organizational Behavior
Suhardono.Rene.(2010). Your Job Is Not Your Career. Literati Book. Indonesia. Hal 60
Zulkaida.Anita Et Al (2007). Pengaruh locus of control dan efikasi diri terhadap kematang karir siswa SMA. Proceeding PESAT . Vol 2

Downloads

Published

2019-12-07

Issue

Section

Articles