Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan

Authors

  • Umam Mufti Magister Pendidkan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Hendro Widodo Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.906

Keywords:

Kurikulum ISMUBA, Desain Kurikulum

Abstract

Pendidikan Agama Islam di sekolah Muhammadiyah memiliki kekhasan yang berbeda dengan sekolah umum dengan karakteristik Kemuhammadiyahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan kurikulum ISMUBA yang menjadi kekhasan di SD Muhammadiyah Banguntapan. Jenis Penelitian yang digunakan oleh penelitian adalah penelitian kualitatif studi kasus, yaitu jenis penelitian yang berupaya menjelaskan ragam keadaan yang didapatkan oleh peneliti di lokus penelitian tentang hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum ISMUBA.  Data-data pada peneltian ini bersumber dari guru pengampu mata pelajaran ISMUBA, dan beberapa guru mata pelajaran lain, termasuk kepala sekolah dan guru kelas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum ISMUBA yang diselenggaakan memadukan antara Kurikulum Kemendikbud, Kementrian Agama, dan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan terdiri dari mata pelajaran  Aqidah, Akhlak, Ibadah/Muamalah, Tarikh, Al-Qur’an, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab. Kecenderungan desain kurikulum ISMUBA pada model subject center design. Akan menjadi baik pengembangan pada masa yang akan datang, dikembangkan menjadi bentuk learner center design, dan problem based design. Demikian itu lebih mengintegrasikan pengetahuan peserta didik dengan lingkungan sekitar.

References

S. Mardiana and S. Sumiyatun, “Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Metro,” HISTORIA, vol. 5, no. 1, Mar. 2017, doi: 10.24127/hj.v5i1.732.

O. Kurniaman and E. Noviana, “Penerapan kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan,” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 6, no. 2, pp. 389–396, 2017.

M. Rofie, “Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren,” Jurnal Reflektika, vol. 12, no. 2, pp. 149–169, 2017.

A. Mundiri and R. U. Hasanah, “INOVASI Pengembangan kurikulum PAI di SMP Nurul Jadid,” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 4, no. 1, Jul. 2018, doi: 10.19109/Tadrib.v4i1.1721.

Achmad Yusuf, “Pengembangan kurikulum PAI berbasis multikultural (Perspektif Psikologi Pembelajaran),” AL MURABBI, vol. 4, no. 2, May 2019, doi: 10.35891/amb.v4i2.1453.

A. Sugiana, “Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dan implementasinya di MTs Nurul Ummah Yogyakarta,” Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 16, no. 1, Jun. 2019, doi: 10.14421/jpai.jpai.2019.161-02.

D. Didiyanto, “Paradigma pengembangan kurikulum PAI di lembaga pendidikan,” EDURELIGIA; Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 1, no. 2, Jul. 2017, doi: 10.33650/edureligia.v1i2.740.

D. N. Zahra, “Development of Islamic Education Curriculum Model Curriculum 2013 (K13),” AL-HAYAT: Journal of Islamic Education, vol. 3, no. 1, Jun. 2019, doi: 10.35723/ajie.v3i1.50.

N. Nurmadiah, “Kurikulum Pendidikan Agama Islam,” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, vol. 2, no. 2, Dec. 2016, doi: 10.28944/afkar.v2i2.93.

M. Tamrin, “Internalisasi nilai-nilai Islam Rahmatan Lil Alamin pada pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK/ISMUBA) di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Daerah Minoritas,” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, pp. 22–38, 2020.

B. Baidarus, T. Hamami, F. M. Suud, and A. S. Rahmatullah, “Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter,” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, vol. 4, no. 1, pp. 71–91, Jan. 2020, doi: 10.24269/ajbe.v4i1.2101.

W. Wasito, “Implementasi kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta,” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, vol. 10, no. 1, pp. 1–18, 2019.

F. E. Widayanti, “Implementasi kurikulum ISMUBA di MI Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi,” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 10, no. 1, May 2019, doi: 10.24042/atjpi.v10i1.3572.

I. Iswanto and H. Widodo, “Implementasi prinsip-prinsip pengembangan kurikulum pada pendidikan ISMUBA di SD Muhammadiyah,” Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, Apr. 2020, doi: 10.24269/muaddib.v1i1.1847.

F. A. Yuniarti, H. N. Fauzi, and H. Widodo, “ Implementasi kurikulum ISMUBA dalam meningkatkan keterampilan, sikap dan pengetahuan siswa di SD Muhammadiyah Slanggen,” Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 13, no. 2, pp. 289–300, 2020.

A. B. Handayani, H. Widodo, and W. E. Wahyudi, “Penerapan kurikulum ISMUBA terhadap pembentukan karakter Islami siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan,” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 10, no. 2, Jan. 2020, doi: 10.24042/atjpi.v10i2.4558.

L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

Rusman, Manajemen Kurikulum. Jakarta: P.T. Rajagrafindo Persada, 2009.

T. Mulyanto, “Implementasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta,” At-Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 1, pp. 1–15, 2020.

L. Hidayati, “Kurikulum 2013 dan arah baru pendidikan agama Islam,” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, vol. 19, no. 1, Jan. 1970, doi: 10.24090/insania.v19i1.464.

A. Prastowo, “Paradigma Baru Madrasah dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013,” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, Jan. 1970, doi: 10.14421/jpi.2014.31.95-113.

O. Hamalik, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2011.

Z. Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2017.

N. S. Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2019.

Downloads

Published

2021-04-29 — Updated on 2021-06-30

Versions