Pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak di sekolah
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v3i2.6720Keywords:
Aqidah Akhlak, LCD proyektor, Media pembelajaran, Prestasi belajarAbstract
Salah satu pemanfataan teknologi dalam dunia pendidikan adalah media pembelajaran LCD proyektor. LCD proyektor dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Namun dominan pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan dengan ceramah, yang berdampak pada prestasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa SMP IT Darut Taqwa Pintu Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Pendekatan penelitian digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Subjek penelitian ialah siswa dan SMP IT Darut Taqwa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 66 anak, adapun sumber data diperoleh dari guru maupun siswa dengan teknik observasi dan angket. Teknik analisis kuantitatif menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi sederhana. Adapun hasil yang didapatkan yakni media LCD proyektor memiliki hubungan yang sangat kuat dengan prestasi belajar Aqidah Aklakh. Demikian juga dengan pengaruh media LCD proyektor yang kuat terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisein determinasi 0,763 atau sama dengan 76,3 %, selebihnya yaitu 23,7 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
References
A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada , 2011.
Z. Abidin, “Eksperimentasi Media Audi-Visual Pada Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Peningkatan Maharah Al istima’ Di MTs Sleman Kota.D.I Yogyakarta,” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2009.
S. Soetomo, Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional, 1993.
N. Sujana and R. Rivai, Media pengajaran. Bandung: PT Sinar Baru, 1997.
S. Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
U. B. Harsiwi and L. D. D. Arini, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 1104–1113, Sep. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.505.
I. T. M. Pratiwi and R. I. Meilani, “Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa,” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 3, no. 2, p. 33, Jul. 2018, doi: 10.17509/jpm.v3i2.11762.
E. D. Rohmawati and S. Sukanti, “Pengaruh cara belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012,” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 10, no. 2, Nov. 2012, doi: 10.21831/jpai.v10i2.918.
A. Mardhiah and S. Ali Akbar, “Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh,” Lantanida Journal, vol. 6, no. 1, p. 49, Jul. 2018, doi: 10.22373/lj.v6i1.3173.
D. Nurwidayanti and M. Mukminan, “Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri,” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, vol. 5, no. 2, pp. 105–114, Dec. 2018, doi: 10.21831/hsjpi.v5i2.17743.
M. A. Sunami and A. Aslam, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1940–1945, Jul. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1129.
M. R. Novianti, “Pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar PAI di SMP Negeri 1 Leces Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo,” AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, vol. 1, no. 2, pp. 177–189, Jun. 2020, doi: 10.46773/muaddib.v1i2.71.
R. Setyaningsih and H. E. Atmaja, “Pengaruh motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa fakultas ekonomi universitas tidar di masa pandemi covid-19,” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 6, no. 2, pp. 191–203, Nov. 2021, doi: 10.17509/jpm.v6i2.40849.
W. A. D. Pamungkas and H. D. Koeswanti, “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, vol. 4, no. 3, pp. 346–354, Mar. 2022, doi: 10.23887/jippg.v4i3.41223.
K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap hasil belajar siswa,” JURNAL REDOKS : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA DAN ILMU KIMIA, vol. 3, no. 2, pp. 8–12, Dec. 2020, doi: 10.33627/re.v3i2.417.
L. Novita and A. Novianty, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran,” JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), vol. 3, no. 1, p. 46, Jan. 2020, doi: 10.30587/jtiee.v3i1.1127.
D. Daryanti and T. Taufina, “Penggunaan Media Pembelajaran dalam Model Picture and Picture untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 484–490, Apr. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.368.
A. Furchan, Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.
G. Wiyono, Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011.
Erlin. K. Tobamba, E. Siswono, and K. Khaerudin, “Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ips ditinjau dari minat belajar siswa Sekolah Dasar,” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, vol. 3, no. 2, pp. 372–380, Dec. 2019, doi: 10.30738/tc.v3i2.5210.
L. Parnabhakti and N. D. Puspaningtyas, “Penerapan media pembelajaran powerpoint melalui Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, vol. 1, no. 2, pp. 8–12, Dec. 2020, doi: 10.33365/ji-mr.v1i2.459.
N. Q. Panjaitan, E. Yetti, and Y. Nurani, “Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 588, Jan. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.404.
Y. Wahyuliani, U. Supriadi, and S. Anwar, “Efektivitas penggunaan media pembelajaran flip book terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 4 Bandung,” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, vol. 3, no. 1, p. 22, May 2016, doi: 10.17509/t.v3i1.3457.
N. W. Maghfiroh, A. Kirom, and M. Munif, “Pengaruh penerapan media Edmodo terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan,” Jurnal Mu’allim, vol. 1, no. 1, pp. 57–76, Jan. 2019, doi: 10.35891/muallim.v1i1.1353.
S. N. Aini and P. Sudira, “Pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, dan media terhadap hasil belajar patiseri SMK se-Gerbangkertasusila,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 5, no. 1, p. 88, Feb. 2015, doi: 10.21831/jpv.v5i1.6077.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maryono Maryono, Happy Susanto, Aldo Redho Syam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.