Pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak di sekolah

Authors

  • Maryono Maryono Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Happy Susanto Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Aldo Redho Syam Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v3i2.6720

Keywords:

Aqidah Akhlak, LCD proyektor, Media pembelajaran, Prestasi belajar

Abstract

Salah satu pemanfataan teknologi dalam dunia pendidikan adalah media pembelajaran LCD proyektor. LCD proyektor dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Namun dominan pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan dengan ceramah, yang berdampak pada prestasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa SMP IT Darut Taqwa Pintu Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Pendekatan penelitian digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Subjek penelitian ialah siswa dan SMP IT Darut Taqwa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 66 anak, adapun sumber data diperoleh dari guru maupun siswa dengan teknik observasi dan angket. Teknik analisis kuantitatif menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi sederhana. Adapun hasil yang didapatkan yakni media LCD proyektor memiliki hubungan yang sangat kuat dengan prestasi belajar Aqidah Aklakh. Demikian juga dengan pengaruh media LCD proyektor yang kuat terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisein determinasi 0,763 atau sama dengan 76,3 %, selebihnya yaitu 23,7 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

References

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada , 2011.

Z. Abidin, “Eksperimentasi Media Audi-Visual Pada Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Peningkatan Maharah Al istima’ Di MTs Sleman Kota.D.I Yogyakarta,” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2009.

S. Soetomo, Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

N. Sujana and R. Rivai, Media pengajaran. Bandung: PT Sinar Baru, 1997.

S. Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

U. B. Harsiwi and L. D. D. Arini, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 1104–1113, Sep. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.505.

I. T. M. Pratiwi and R. I. Meilani, “Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa,” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 3, no. 2, p. 33, Jul. 2018, doi: 10.17509/jpm.v3i2.11762.

E. D. Rohmawati and S. Sukanti, “Pengaruh cara belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012,” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 10, no. 2, Nov. 2012, doi: 10.21831/jpai.v10i2.918.

A. Mardhiah and S. Ali Akbar, “Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh,” Lantanida Journal, vol. 6, no. 1, p. 49, Jul. 2018, doi: 10.22373/lj.v6i1.3173.

D. Nurwidayanti and M. Mukminan, “Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri,” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, vol. 5, no. 2, pp. 105–114, Dec. 2018, doi: 10.21831/hsjpi.v5i2.17743.

M. A. Sunami and A. Aslam, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1940–1945, Jul. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1129.

M. R. Novianti, “Pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar PAI di SMP Negeri 1 Leces Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo,” AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, vol. 1, no. 2, pp. 177–189, Jun. 2020, doi: 10.46773/muaddib.v1i2.71.

R. Setyaningsih and H. E. Atmaja, “Pengaruh motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa fakultas ekonomi universitas tidar di masa pandemi covid-19,” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 6, no. 2, pp. 191–203, Nov. 2021, doi: 10.17509/jpm.v6i2.40849.

W. A. D. Pamungkas and H. D. Koeswanti, “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, vol. 4, no. 3, pp. 346–354, Mar. 2022, doi: 10.23887/jippg.v4i3.41223.

K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap hasil belajar siswa,” JURNAL REDOKS : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA DAN ILMU KIMIA, vol. 3, no. 2, pp. 8–12, Dec. 2020, doi: 10.33627/re.v3i2.417.

L. Novita and A. Novianty, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran,” JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), vol. 3, no. 1, p. 46, Jan. 2020, doi: 10.30587/jtiee.v3i1.1127.

D. Daryanti and T. Taufina, “Penggunaan Media Pembelajaran dalam Model Picture and Picture untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 484–490, Apr. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.368.

A. Furchan, Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

G. Wiyono, Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011.

Erlin. K. Tobamba, E. Siswono, and K. Khaerudin, “Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ips ditinjau dari minat belajar siswa Sekolah Dasar,” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, vol. 3, no. 2, pp. 372–380, Dec. 2019, doi: 10.30738/tc.v3i2.5210.

L. Parnabhakti and N. D. Puspaningtyas, “Penerapan media pembelajaran powerpoint melalui Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, vol. 1, no. 2, pp. 8–12, Dec. 2020, doi: 10.33365/ji-mr.v1i2.459.

N. Q. Panjaitan, E. Yetti, and Y. Nurani, “Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 588, Jan. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.404.

Y. Wahyuliani, U. Supriadi, and S. Anwar, “Efektivitas penggunaan media pembelajaran flip book terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 4 Bandung,” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, vol. 3, no. 1, p. 22, May 2016, doi: 10.17509/t.v3i1.3457.

N. W. Maghfiroh, A. Kirom, and M. Munif, “Pengaruh penerapan media Edmodo terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan,” Jurnal Mu’allim, vol. 1, no. 1, pp. 57–76, Jan. 2019, doi: 10.35891/muallim.v1i1.1353.

S. N. Aini and P. Sudira, “Pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, dan media terhadap hasil belajar patiseri SMK se-Gerbangkertasusila,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 5, no. 1, p. 88, Feb. 2015, doi: 10.21831/jpv.v5i1.6077.

Downloads

Published

2022-12-15