Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v3i2.6607Keywords:
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja guru, kepala sekolahAbstract
Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peranan yang penting dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Fungsi kepimpinan dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan tugas menggerakkan sumber daya sekolah secara optimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif survey-asosiatif. Data dikumpulkan dari sampel penelitian yang melibatkan seluruh populasi guru di SMP Islam Ruhamah Ciputat dengan teknik angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, dan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan dengan kinerja guru menunjukkan hubungan 0,281 yang berarti hubungan rendah .Adapun pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru menunjukkan nilai koefisien determinasi 0,058 sama dengan 5,8 %. Dengan demikian kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi kinerja guru sebesar 5,8 %, sedangkan lebihnya yaitu 94,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kepala sekolah agar mengelola gaya kepemimpinannya untuk meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah juga perlu untuk memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengarhui kinerja guru.
References
H. B. Mbuik, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SD,” Indonesian Journal of Primary Education, vol. 3, no. 2, pp. 28–37, 2019.
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosda Karya, 2007.
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
T. A. Soefijanto, and U. N. Jakarta, “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Jakarta Utara,” vol. 4, no. 1, 2020.
Kementrian Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. 2007.
H. Nawawi, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Gunung Agung, 1985.
W. B. Sulfemi, “Pengaruh rasa percaya diri dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru,” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 2, pp. 157–179, Jun. 2020, doi: 10.31538/ndh.v5i2.557.
I. Ideswal, Y. Yahya, and H. Alkadri, “Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 460–466, Apr. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.381.
S. Sya’roni, T. Herlambang, and D. Cahyono, “Dampak motivasi, disiplin kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru,” Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, vol. 8, no. 2, Dec. 2018, doi: 10.32528/jsmbi.v8i2.1785.
A. A. S. P. Yunus, M. T. Hidayat, M. S. Djazilan, and A. Akhwani, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3625–3635, Aug. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1419.
T. Handayani and A. A. Rasyid, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMA Negeri Wonosobo,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 264–277, Oct. 2015, doi: 10.21831/amp.v3i2.6342.
M. Imansyah, Y. Arafat, and D. Wardiah, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan partisipasi komite sekolah terhadap kinerja guru,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 5, no. 2, p. 135, Apr. 2020, doi: 10.31851/jmksp.v5i2.3756.
M. Z. Abidin, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 1775–1783, Jun. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i4.685.
Darmawan, Nurdin, and Ria Estiana, “Analisis budaya organisasi terhadap loyalitas karyawan pada Lembaga Pendidikan Rumah Tahfidz Fie Dzhilalil Qur’an (RTQ),” Jurnal Mitra Manajemen, vol. 5, no. 1, pp. 1–12, Feb. 2021, doi: 10.52160/ejmm.v5i1.502.
A. S. Sauri, W. Widyasari, and A. Sesrita, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru,” TADBIR MUWAHHID, vol. 2, no. 1, p. 73, Jul. 2018, doi: 10.30997/jtm.v2i1.1160.
N. Nasrun, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru,” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, vol. 1, no. 2, pp. 63–70, Dec. 2016, doi: 10.17977/um027v1i22016p063.
L. P. Santiari, I. G. K. Arya Sunu, and K. Rihendra Dantes, “Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru,” Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, vol. 11, no. 1, pp. 1–10, Jul. 2020, doi: 10.23887/japi.v11i1.3149.
D. Sampurno and A. Wibowo, “Kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, motivasi kerja, dan kinerja guru di SMK Negeri 4 Pandeglang,” Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), vol. 3, no. 2, p. 63, May 2017, doi: 10.21009/JPEB.003.2.5.
S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.
G. Wiyono, Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011.
M. Romadhon and Z. MS, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 479–489, Jan. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.711.
E. Juniarti, N. Ahyani, and A. Ardiansyah, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru,” Journal of Education Research, vol. 1, no. 3, pp. 193–199, Nov. 2020, doi: 10.37985/joe.v1i3.21.
A. Q. Azis and S. Suwatno, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 11 Bandung,” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 4, no. 2, p. 246, Jul. 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i2.18020.
K. Indajang, J. Jufrizen, and A. Juliandi, “Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Pada Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar,” JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 12, no. 2, p. 393, Oct. 2020, doi: 10.24114/jupiis.v12i2.17881.
A. Darmawan, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru,” Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, vol. 3, no. 2, pp. 244–256, Dec. 2019, doi: 10.33753/mandiri.v3i2.85.
A. Beddu, D. Suaib, and Muh. A. Jennah, “Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 12 Sigi,” Katalogis, vol. 4, no. 7, pp. 193–204, 2016.
S. Purwoko, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 6, no. 2, p. 150, Nov. 2018, doi: 10.21831/amp.v6i2.8467.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nadia Qurrota A'yun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.