Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah

Authors

  • Nadia Qurota A'yun Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v3i2.6607

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja guru, kepala sekolah

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peranan yang penting dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Fungsi kepimpinan dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan tugas menggerakkan sumber daya sekolah secara optimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif survey-asosiatif. Data dikumpulkan dari sampel penelitian yang melibatkan seluruh populasi guru di SMP Islam Ruhamah Ciputat dengan teknik angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, dan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan dengan kinerja guru menunjukkan hubungan 0,281 yang berarti hubungan rendah .Adapun pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru menunjukkan nilai koefisien determinasi 0,058 sama dengan 5,8 %. Dengan demikian kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi kinerja guru sebesar 5,8 %, sedangkan lebihnya yaitu 94,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kepala sekolah agar mengelola gaya kepemimpinannya untuk meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah juga perlu untuk memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengarhui kinerja guru.

References

H. B. Mbuik, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SD,” Indonesian Journal of Primary Education, vol. 3, no. 2, pp. 28–37, 2019.

Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosda Karya, 2007.

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

T. A. Soefijanto, and U. N. Jakarta, “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Jakarta Utara,” vol. 4, no. 1, 2020.

Kementrian Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. 2007.

H. Nawawi, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Gunung Agung, 1985.

W. B. Sulfemi, “Pengaruh rasa percaya diri dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru,” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 2, pp. 157–179, Jun. 2020, doi: 10.31538/ndh.v5i2.557.

I. Ideswal, Y. Yahya, and H. Alkadri, “Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 460–466, Apr. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.381.

S. Sya’roni, T. Herlambang, and D. Cahyono, “Dampak motivasi, disiplin kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru,” Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, vol. 8, no. 2, Dec. 2018, doi: 10.32528/jsmbi.v8i2.1785.

A. A. S. P. Yunus, M. T. Hidayat, M. S. Djazilan, and A. Akhwani, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3625–3635, Aug. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1419.

T. Handayani and A. A. Rasyid, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMA Negeri Wonosobo,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 264–277, Oct. 2015, doi: 10.21831/amp.v3i2.6342.

M. Imansyah, Y. Arafat, and D. Wardiah, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan partisipasi komite sekolah terhadap kinerja guru,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 5, no. 2, p. 135, Apr. 2020, doi: 10.31851/jmksp.v5i2.3756.

M. Z. Abidin, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 1775–1783, Jun. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i4.685.

Darmawan, Nurdin, and Ria Estiana, “Analisis budaya organisasi terhadap loyalitas karyawan pada Lembaga Pendidikan Rumah Tahfidz Fie Dzhilalil Qur’an (RTQ),” Jurnal Mitra Manajemen, vol. 5, no. 1, pp. 1–12, Feb. 2021, doi: 10.52160/ejmm.v5i1.502.

A. S. Sauri, W. Widyasari, and A. Sesrita, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru,” TADBIR MUWAHHID, vol. 2, no. 1, p. 73, Jul. 2018, doi: 10.30997/jtm.v2i1.1160.

N. Nasrun, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru,” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, vol. 1, no. 2, pp. 63–70, Dec. 2016, doi: 10.17977/um027v1i22016p063.

L. P. Santiari, I. G. K. Arya Sunu, and K. Rihendra Dantes, “Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru,” Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, vol. 11, no. 1, pp. 1–10, Jul. 2020, doi: 10.23887/japi.v11i1.3149.

D. Sampurno and A. Wibowo, “Kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, motivasi kerja, dan kinerja guru di SMK Negeri 4 Pandeglang,” Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), vol. 3, no. 2, p. 63, May 2017, doi: 10.21009/JPEB.003.2.5.

S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

G. Wiyono, Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011.

M. Romadhon and Z. MS, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 479–489, Jan. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.711.

E. Juniarti, N. Ahyani, and A. Ardiansyah, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru,” Journal of Education Research, vol. 1, no. 3, pp. 193–199, Nov. 2020, doi: 10.37985/joe.v1i3.21.

A. Q. Azis and S. Suwatno, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 11 Bandung,” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 4, no. 2, p. 246, Jul. 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i2.18020.

K. Indajang, J. Jufrizen, and A. Juliandi, “Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Pada Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar,” JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 12, no. 2, p. 393, Oct. 2020, doi: 10.24114/jupiis.v12i2.17881.

A. Darmawan, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru,” Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, vol. 3, no. 2, pp. 244–256, Dec. 2019, doi: 10.33753/mandiri.v3i2.85.

A. Beddu, D. Suaib, and Muh. A. Jennah, “Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 12 Sigi,” Katalogis, vol. 4, no. 7, pp. 193–204, 2016.

S. Purwoko, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 6, no. 2, p. 150, Nov. 2018, doi: 10.21831/amp.v6i2.8467.

Downloads

Published

2022-12-15